Donald Trump, Presiden AS ke-45, sumber: inthesetimes.com

Majalahayah.com, Berlin – Presiden Prancis Francois Hollande serta Kanselir Jerman Angela Merkel merasakan kekhawatiran yang sama pasca terpilihnya Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Hal tersebut disampaikan keduanya dalam konferensi pers yang digelar di Berlin, Jerman, pada Jumat 27 Januari kemarin.

“Mari kita berbicara terus terang, ada tantangan, ada tantangan yang ditimbulkan pemerintah AS terhadap aturan perdagangan kita, serta kemampuan kita untuk menyelesaikan konflik di seluruh dunia,” ucap Hollande seperti dikutip dari antaranews.com, Sabtu (28/01/2017).

Hollande merasa kehadiran Trump menimbulkan ‘tantangan’ baru se-antero Eropa. Oleh sebab itu, pihaknya merasa perlu melakukan semacam pendekatan kepada Trump lantaran menurutnya rakyat Amerika telah memilih Trump. “Namun, kita juga harus melakukannya dengan keyakinan Eropa, dan dengan mengedepankan kepentingan dan nilai-nilai kita,” tandasnya.

Senada dengannya, Merkel pun merasa ada perubahan yang terjadi secara drastis terhadap kondisi global. “Kita melihat bahwa kondisi global berubah dengan drastis dan pesat, dan kita harus menanggapi tantangan-tantangan baru, baik dari segi membela masyarakat bebas dan membela perdagangan bebas serta dalam hal tantangan ekonomi,” imbuhnya. Meski tidak secara eksplisit, namun diyakini maksud dari Merkel ialah pasca terpilihnya Trump memimpin AS.