Home Kabar Pemerintah Siap Angkut 18.096 Unit Motor Secara Gratis untuk Lebaran

Pemerintah Siap Angkut 18.096 Unit Motor Secara Gratis untuk Lebaran

91

Majalahayah.com, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan kembali mengadakan program angkutan motor gratis (motis) dengan kereta api pada musim mudik Lebaran tahun ini. Kuota yang disiapkan pada musim mudik Lebaran sebanyak 18.096 unit.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api (KA) Kementerian Perhubungan Zulmafendi mengatakan, nantinya pelayanan motis tahun 2019 hampir sama dengan penyelenggaraan program motis sebelumnya, yang terbagi atas tiga lintas layanan, yaitu lintas utara, lintas selatan I, dan lintas selatan II.

Dilansir dari Okezone, masing-masing lintas layanan tersebut, memiliki kapasitas layanan angkut motis sebesar 464 motor per hari. Sehingga total keseluruhan tiga lintas layanan tersebut mempunyai kapasitas angkut motis sebesar 1392 motor/hari.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perkeretaapian, pada penyelenggaraan motis pertama tahun 2014 okupansi keterisian kuota sebesar 52%, kemudian tahun 2015 menjadi 55%, tahun 2016 sebesar 73%, lalu pada tahun 2017 menjadi 84%, dan pada tahun 2018 lalu sebanyak 90%.

“Pemerintah berharap dengan telah dibukanya program layanan motis, masyarakat yang berencana mudik dengan sepeda motor, mau memanfaatkan layanan angkutan motis, dengan beralih menggunakan motis untuk sepeda motornya dan pemudik mau beralih naik KA ataupun moda angkutan umum lainnya,” ujarnya dalam acara konferensi pers di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Zulmafendi menambahkan, pendaftaran sendiri bisa dilakukan lewat dua cara yakni secara online dan offline. Untuk pendaftaran online sendiri dibuka mulai 12 Maret hingga 25 Mei 2019 mendatang.

Bagi mereka ingin mendaftar secara online bisa membuka website mudikgratis.deohub.go.id. Sementara itu untuk pendaftaran lewat offline bisa mendaftar langsung di stasiun yang telah ditunjuk mulai 12-13 Mei 2019.

“Selain itu untuk peserta motis yang mendaftar melalui layanan motis contraflow atau dari daerah, pendaftaran dimulai dari tanggal 28 April hingga 12 Juni 2019,” ujarnya.

Zulmafendi menambahkan, bagi peserta motis yang mendaftar di awal, yaitu dari 25 Maret-13 Mei 2019, akan mendapatkan keistimewaan berupa fasilitas untuk pembelian tiket KA ekonomi komersial dan public service obligation (PSO). Nantinya masing-masing peserta hanya diberi jatah pembelian sebanyak 3 tiket saja.

Untuk waktu pengantaran ataupun pengangangkutan motis akan dimulai pada tanggal 27 Mei-2 Juni 2019. Kemudian dilanjutkan kembali pada tanggal 8-13 Juni 2019.

“Masing-masing peserta akan difasilitasi pembelian tiket KA sebanyak maksimal tiga tiket. Dengan catatan bahwa fasilitasi tiket ini berlaku hanya selama kuota tiket yang dialokasikan masih tersedia,” jelasnya.