Majalahayah.com, Jakarta – Menjelang mudik lebaran 2017, pemerintah mengawasi sejumlah titik yang menjadi pusat kepadatan. Sebanyak enam titik yang terdiri dari pelabuhan, bandara, stasiun, dan jalan tol akan mendapat perhatian khusus.

“Ada enam titik rawan yang harus kita awasi yaitu Bandara Soekarno Hatta, Pelabuhan Merak, Stasiun Senen, Brebes Exit (Brexit), Pelabuhan Batam, dan Pelabuhan di Balikpapan,” ucap Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi seperti dikutip dari Detik.com, Selasa (4/4/2017).

Pihaknya juga akan mengantisipasi potensi kepadatan pada jalur Brebes Exit (Brexit), dengan dua langkah pencegahan. Hal itu dilakukan belajar dari tahun 2016, dimana kepadatan Brexit sempat membuat arus lumpuh beberapa waktu lamanya.

“Kita siapkan 2 konsep lalu lintas di Brexit untuk mencegah kejadian seperti tahun lalu, yaitu pertama kita fungsikan jalan tersebut sesuai proporsinya karena pada dasarnya ada ruas jalan lain yang bisa dilewati selain jalan tol yakni jalur utara dan jalur selatan. Kedua dengan membatasi jumlah kendaraan yang masuk dan keluar, contohnya jika antrean di Brexit melampaui 2 kilometer maka gerbang sebelumnya akan ditutup, begitu seterusnya sampai di Jakarta,” terang Budi.

Mantan Dirut Angkasa Pura II itu juga memprediksi adanya peningkatan pemudik sebesar 4,85% dari tahun lalu. Angkutan pribadi roda empat dijatakannya akan naik sebesar 18,18%, sedangkan motor 13,92%.