Home Inspiratif Pembelajaran Kepemimpinan Ala Tenzing Norgay

Pembelajaran Kepemimpinan Ala Tenzing Norgay

227
Tenzing Norgay
Foto: Edmund Hillaty dan Tenzing Norgay. Sumber www.exploregunung.net

Majalahayah.com – Setiap orang pasti punya mimpi atau cita-cita meraih kesuksesan dalam hidupnya. Banyak jalan yang mengantarkan orang pada kesuksesan dan itu dipengaruhi oleh bagaimana cara seseorang itu memimpin dirinya dan orang lain. Lalu kepemimpinan yang bagaimana yang baik dalam mengantarkan kesuksesan diri dan sekitar?

Dalam pembahasan ini mari kita simak suatu kisah inspiratif yang pernah disampaikan oleh Tokoh Motivator Jamil Azzaini tentang laki laki yang bernama Tenzing Norgay.

Anda tahu siapa? Ternyata Tenzing Norgay adalah seorang pemandu pendaki gunung yang saat itu dia menemani Edmund Hillary. Tahukah siapa Edmund Hillary?

Edmund Hillary adalah yang menaklukkan puncak tertinggi gunung tertinggi di dunia, menaklukkan puncak Mount Everest. Dialah yang terkenal, dialah yang popular menaklukkan puncak gunung tertinggi di dunia.

Ketika dua orang ini turun dari puncak itu yaitu Edmund Hillary dan Tenzing Norgay, mereka diserbu oleh wartawan. Sebagian besar wartawan tentu bertanya pada Edmund Hillary mereka memberikan applause, mereka memberikan pujian, mereka memberikan pertanyaan kepada Edmund Hillary.

Namun hanya ada satu wartawan yang bertanya pada Tenzing Norgay. Dia bertanya, “Siapakah anda?” Norgay menjawab, “Saya Tenzing”.

“Bukannya anda pemandu Edmund Hillary?” Tanya wartawan.

Tenzing menjawab “Iya betul”

“Bukankah yang namanya pemandu atau sherpa jalannya selalu di depan orang yang ditemani? Berarti Anda yang menaklukkan puncak tertinggi”

Maka kemudian Tenzing Norgay mengatakan “Selama perjalanan dari bawah sampai puncak gunung saya selalu jalan didepan Edmund Hillary namun ketika tinggal satu langkah saya berhenti dan mempersilahkan Edmund Hillary untuk menginjakkan kakinya di puncak gunung tertinggi, maka Edmund Hillary lah yang menaklukkan puncak gunung tersebut.”

Lantas wartawan itu bertanya, “Kenapa anda melakukan ini? Seharusnya anda yang menginjakkan kaki di puncak gunung tertinggi.”

Apa jawaban Tenzing Norgay?

“Ya saya bisa melakukan tapi itu bukan impian saya, itu adalah impian Edmund Hillary. Impian saya adalah menemani Edmund Hillary menaklukkan puncak gunung tertinggi.”

Sahabat ayah inspiratif dimanapun anda berada, kadang-kadang dalam hidup kita perlu menjadi Tenzing Norgay menghadirkan orang-orang hebat di kanan kiri kita, memunculkan orang hebat di sekitar kita yang akhirnya dia mewujudkan mimpi-mimpinya.

Mulai sekarang saran saya jadilah seperti Tenzing Norgay, melahirkan tokoh untuk orang-orang yang anda pimpin, melahirkan tokoh yang selevel dengan anda, melahirkan tokoh yang dibawah tanggung jawab anda.

Orang-orang yang seperti Tenzing Norgay ini adalah orang-orang yang mampu menciptakan panggung buat orang lain. Dan karena kehebatannya, maka kedua orang ini diabadikan menjadi salah satu nama bandara di Nepal yaitu Tenzing Hillary.

Begitu juga ketika menjadi pemimpin dalam keluarga yang mampu memandu dan mengantarkan keluarga yang dipimpinnya menjadi orang-orang yang hebat. Mampu mengantarkan istrinya menjadi istri sekaligus ibu yang sholehah dan menginspirasi anak-anaknya. Serta pemimpin keluarga yang mampu membawa anak-anaknya menjadi anak yang hebat dan sholeh-sholehah.