Majalahayah.com, Jakarta – Saat masa kehamilan, seorang ibu menjadi pelindung pertama bagi bayinya. Banyak ujian yang akan dialami oleh ibu hamil. Terlebih, jika usia kehamilan memasuki masa 4 bulan atau lebih.

Nyeri punggung bawah sering menjadi keluhan utama yang terjadi. Hal ini juga dapat menggangu kenyaman ibu hamil.

Meski umum terjadi, namun setiap ibu hamil merasakan dampak nyeri punggung yang berbeda satu sama lain. Bahkan, seseorang yang mengalami hamil keduapun bisa mengalami intensitas nyeri yang berbeda.

Nyeri punggung umumnya akan terasa di daerah panggul dan sekitar tulang belakang lumbar. Mengutip dari Boldsky, berikut faktor penyebab nyeri punggung pada ibu hamil.

  1. Kelebihan berat badan

Berat badan yang naik selama kehamilan menambah tekanan pada sendi dan otot tubuh. Penambahan berat badan juga menimbulkan ketegangan pada daerah panggul dan lumbar.

Tak hanya itu, perubahan lingkar perut juga turut membebani panggul dan menyebabkan rasa nyeri di bagian punggung.

  1. Pusat gravitasi berubah

Pusat gravitasi tubuh akan berubah selama masa kehamilan. Kondisi ini menambah tekanan pada punggung bawah.

Selain itu, postur tubuh juga disebut berkontribusi pada nyeri punggung ini. Berbagai penelitian menemukan, nyeri punggung bawah selama masa kehamilan disebabkan oleh pergerakan dan postur tubuh yang berubah.

  1. Perubahan fisiologis

Selama masa kehamilan, wanita akan mengalami perubahan hormonal. Perubahan hormonal ini ditemukan menimbulkan rasa sakit dan peradangan di bagian punggung.

Peningkatan kadar hormon relaxin yang menyebabkan pembesaran serviks dapat menimbulkan nyeri punggung. Diperkirakan, kadar relaxin dalam tubuh meningkat 10 kali lebih banyak dari biasanya selama masa kehamilan.

Meski nyeri punggung selama kehamilan tak bisa dihilangkan sepenuhnya, ada beberapa tips praktis yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi tegangan.

  • Hindari tidur dengan posisi terlentang.
  • Kenakan alas kaki yang nyaman dan hindari mengenakan sepatu berhak tinggi.
  • Rutin olahraga dengan cara yang tepat. Minta dokter untuk mengajari Anda beberapa gerakan untuk melatih punggung dan perut dengan aman. Jangan pernah lakukan olahraga apa pun tanpa persetujuan dokter.
  • Gunakan korset ibu hamil atau sabuk penyangga di bawah perut.
  • Istirahat sebanyak yang Anda bisa.
  • Posisikan kaki lebih tinggi dari tubuh saat Anda berbaring.

Selain itu, Anda juga bisa rutin melakukan yoga, relaksasi, dan pijat untuk mengatasi nyeri punggung selama masa kehamilan.
Area lampiran