Majalahayah.com, Jakarta – Hai sobat apakah kamu merasa kesulitan ketika si kecil tidak mau makan? Bukan hanya sulit memasukkan makanan ke mulut, namun anak terlihat kekurangan gizi dan nutrisi menjadi poin utama kekhawatiran orangtua kepada anak yang berdampak kepada tumbuh kembangnya.

Lalu, apa sih penyebab anak susah makan? dr. Afrida Rakhmana Abdullah tuliskan bahwa kita sebagai orangtua harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Sebab, menurutnya ada tiga faktor yang mempengaruhi, yaitu, faktor organik, faktor nutrisi dan faktor psikologik.

“Faktor organik berhubungan dengan kondisi fisik anak seperti kelainan bawaan, kelainan saraf, penyakit infeksi, kelainan organ seperti rongga mulut, saluran cerna dan organ tubuh lain begitu pula faktor nutrisi di dalam makanan yang rendah kadar zinc,” tulisnya dalam buku Anda Bertanya Dokter Menjawab.

Selanjutnya Faktor Psikologik. Biasanya, dr. Afrida katakan perlakuan yang didapat oleh pengasuh ketika hendak menyantap makanan. Seperti dipaksa atau sikap yang terlalu obsesif atau overprotektif.

“Peraturan yang terlalu ketat akan membuat anak menilai bahwa makan adalah suatu ritual yang tidak menyenangkan. Dan sejumlah faktor lainnya seperti kondisi yang panas, gerah dan makanan yang tidak variasi atau rasa yang kurang enak,”tambahnya

Nah, bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara agar anak tidak susah makan, yuk simak tips berikut.

1.       Variasikan menu : perubahan rasa perlu dilakukan agar anak tidak cepat bosan

2.       Sajikan menarik hingga anak tergerak untuk mencobanya

3.       Berikan makanan padat gizi dan berenergi tinggi. Hal ini menjadi solusi ketika si kecil hanya makan dengan porsi kecil namun nutrisinya sudah terpenuhi

4.       Biasakan makan teratur dan berikan makanan ketika si kecil merasa lapar

5.       Jangan membiasakan mengemil karena akan menggaggu timbulnya rasa lapar

 Nah, semoga cara ini bisa membantu kalian ya sobat! selamat mencoba.