Mulas Setelah Minum Susu, Bagaimana Solusinya?

Mulas Setelah Minum Susu, Bagaimana Solusinya?

118
0
SHARE
Mulas setelah minum susu (Dok : Twitter)

Majalahayah.com, Jakarta – Susu merupakan pelengkap gizi bagi kebutuhan keluarga. Sayangnya sebagian orang kerap mengalami mulas dan diare setelah mengonsumsinya. Apa yang sebenarnya terjadi?

Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc, pakar nutrisi menuturkan hal ini bisa terjadi karena orang tersebut kekurangan atau bahkan tidak mempunyai enzim laktase dalam tubuh.

“Enzim ini mencerna laktosa (gula susu), bila sudah mengalami mulas setelah minum susu berarti menunjukkan dia kekurangan atau tidak punya enzim laktase”, katanya saat dijumpai dalam acara ‘Dancow Advance Excelnutri+’, Kamis (07/02/2019).

Bila Anda memiliki gejala tersebut, Saptawati menyarankan agar membiasakan minum susu dalam jumlah sedikit dan bertahap.

“Anda bisa coba membiasakan sedikit demi sedikit tidak langsung meminum dalam satu gelas”, jelasnya.

Jika dengan cara tersebut tidak merasakan mulas atau diare, jelas Saptawati, Anda bisa menambah takaran susu hingga Anda bisa meminum sesuai takaran pada umumnya.

Namun bila tetap merasakan gejala tersebut, berarti Anda tidak memiliki enzim laktase.

Saptawati mengungkapkan reaksi ini biasanya timbul pada produk susu sapi. Sehingga masih ada alternatif lain bila tetap ingin minum susu yaitu dengan minum susu nabati seperti susu kedelai, susu almond, dan lain-lain.

“Anda bisa ganti dengan susu nabati, di dalamnya mengandung banyak protein dan kalsium. Bahkan harganya juga lebih terjangkau”, tutupnya.

LEAVE A REPLY