Home Parenting Mudik Bersama Anak, Orangtua Diimbau Tak Berikan Gadget

Mudik Bersama Anak, Orangtua Diimbau Tak Berikan Gadget

110

Majalahayah.com, Jakarta – Selama perjalanan mudik, orangtua diimbau sebaiknya jangan berikan mainan gadget pada anak. Mengapa? Disampaikan oleh ketua Lembaga Perlindungan Anak GENERASI, Ena Nurjanah hal tersebut akan mengurangi minat anak untuk mengeksplore apa yang bisa dilihat selama dalam perjalanan. 

“Akan lebih baik jika menyiapkan buku cerita, boneka, atau mainan lainnya yang praktis dan mudah dibawa,” ujarnya dalam rilis.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, sambung Ena Nurjanah maka para orangtua bisa dengan lebih leluasa mengatur waktu istirahat selama dalam perjalanan. 

“Istirahat yang cukup juga akan membuat sekeluarga tetap dalam kondisi bugar, tidak mengalami kelelahan yang berlebihan dan masih bisa menikmati perjalanan mudik dengan menyenangkan,” tambahnya.

Menurutnya, mudik menjadi sarana paling menyenangkan dalam memperkenalkan anak dengan kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia. 

“Kumpul kembali dengan keluarga besar di kampung akan mempererat hubungan kekerabatan, bisa saling belajar, berbagi empati terhadap sanak saudara. Memupuk rasa kasih sayang, membangun komunikasi yang lama terputus karena jarak,” Jelasnya.

Kembali ke kampung juga menjadi momen tak terlupakan bagi anak-anak, ia katakan karena mereka belajar berinteraksi secara aktif dengan lingkungan dan warga di kampung. 

“Apalagi jika kampung nya masih bersuasana pedesaan yang hijau dan asri, maka  akan semakin menambah wawasan dan kecintaan  anak akan Indonesia,” tuturnya.

Mudik sesungguhnya dapat menjadi pembelajaran tersendiri yang tidak diperoleh lewat bangku sekolah bagi anak-anak. Pengalaman nyata berinteraksi dengan masyarakat dan melakoni perjalanan yang melelahkan  bersama orang-orang tercinta akan menambah pengalaman baru yang mengasyikan.

“Tinggal bagaimana peran dari semua pihak agar menjadikan mudik sebagai sarana pembelajaran yang mensejahterakan dan ramah bagi anak,” pungkasnya.