Minat seseorang untuk membeli rumah daripada menyewa ternyata lebih tinggi di Indonesia. Hal ini terlihat dari data sepanjang tahun 2020 yang dikutip di website portal properti rumah di Pamulang.

Menurut data tersebut sepanjang 2020 minat membeli rumah meningkat sebesar 102,88 persen jika dibandingkan 2019. Sementara untuk menyewa rumah meningkat sebesar 56,63 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Menurut pengamat properti Mart Polman dengan tingginya minat pembeli rumah bisa menjadi indikator sebenarnya penjualan rumah pada 2020 masih cukup tinggi.

Hal ini juga terlihat dari banyak bisnis properti yang sedang berkembang pesat pada wilayah rumah di Pamulang, Bintaro dan Ciputat, Tangerang.

Padahal, menurut Mart pada tahun tersebut terjadi pandemi virus covid-19 yang menghambat beberapa sektor ekonomi, termasuk bisnis properti Tanah Air.

“Saat pandemi terjadi, sebenarnya banyak masyarakat di Indonesia yang mencari informasi produk properti melalui internet, hal ini disebabkan karena adanya aturan social distancing sehingga mencari properti melalui online menjadi solusi menarik dan lebih aman,” kata Mart.

Baca juga : Rumah di Pamulang DP Suka-Suka

Milenial Banyak Mencari Rumah

Mayoritas pencari rumah di Lamudi didominasi oleh para milenial dengan kelompok umur 25-34 tahun (32,98 persen), kemudian kelompok umur 18-24 tahun (25,46 persen).

Tingginya minat milenial untuk mencari rumah bisa menjadi bukti bahwa mereka kini lebih tertarik untuk membeli hunian jika dibandingkan kendaraan atau gadget baru.

Apalagi dengan adanya Covid-19 seperti membuka mata para milenial agar tidak sembarang membelanjakan uang. Investasi jangka panjang seperti rumah ataupun tanah bisa menjadi pilihan terbaik.

“Para milenial kini sudah mengerti bahwa membeli rumah merupakan prioritas utama yang harus didahulukan jika dibandingkan lainnya,” jelas Mart.

Milenial ingin cepat Tinggalkan rumah

Sementara itu, para milenial juga banyak yang ingin segera memiliki hunian sendiri. Banyak dari mereka yang ingin segera meninggalkan rumah orang tuanya.

Berdasarkan hasil riset web Property Affordability Sentiment Index H1 2019, sebanyak 24 persen responden masih tinggal dengan orang tua, di mana 82 persen di antaranya mempunyai rencana untuk keluar dari rumah orang tua.

“Responden dengan usia 28-30 tahun yang paling banyak memiliki rencana untuk mulai tinggal sendiri, 25 persen di antaranya memilih untuk mengontrak daripada membeli rumah sendiri,” kata Ike Hamdan dalam keterangan tertulis, 30 Mei 2019.

Dari jumlah generasi milenial yang menjadi responden, kebanyakan dari mereka sudah tinggal sendiri. Bedasarkan usia, yang sudah tinggal sendiri paling banyak mulai keluar dari rumah pada usia 31-34 tahun, sementara mereka yang masih tinggal bersama orang tua saat ini paling banyak berencana membeli rumah sendiri pada usia 28-30 tahun.

Hal ini cukup cocok dengan banyaknya permintaan rumah di daerah Tangerang sekitar, seperti Pamulang, Bintaro dan Ciputat. Apalagi dengan banyaknya fasilitas yang dibangun, seperti transportasi publik dan juga fasilitas publik.

Hal inilah yang membuat perumahan Bamboo Prime Residence hasil pengembang PT Karya Tunggal Properti ini membuat konsep untuk para milenial. Berkonsep etnik-bali, berlokasi rumah di Pamulang, Tanggerang Selatan yang tentunya dekat dengan pusat kota.

Tersedia dengan berbagai tipe 50, 69, 70, 73, 88 seharga 800 juta an. Sudah terdapat fasilitas premium, seperti club house yang terdapat kolam renang baik untuk dewasa dan anak.

Dengan harga yang terjangkau dengan daerah yang cukup strategies. Tentunya sangat membantu para milenial mendapat hunian yang nyaman.