Atlet hoki es Korea Utara dan Korea Selatan berdiri di sebuah garis di sebuah ruang makan di Jincheon National Training Center di Jincheon, Korea Selatan 25 Januari 2018. (Foto: Reuters)

Majalahayah.com, Kementerian Inifikasi Korea Selatan mengatakan, bahwa Korea Utara telah membatalkan sebuah pertunjukan budaya dengan Korea Selatan yang dijadwalkan pada 4 Februari, menyalahkan media Korea Selatan karena mendorong sentimen publik menghina Korea Utara.

Sementara itu, dilansir dari Reuters bahwa Korea Utara mengatakan tidak ada pilihan lain kecuali untuk membatalkan pertunjukan tersebut, yang akan diadakan di wilayah utara Korea Utara, Kumeng.

Pembatalan itu sendiri, karena media Korea Selatan yang terus menghina tindakan Pyongyang mengenai Olimpiade Musim Dingin Seoul yang akan menjadi tuan rumah berikutnya.

Awal Januari, Korea Utara dan Selatan meluncurkan perundingan langka untuk membawa warga Korea Utara ke Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang, setelah pemimpin Korut Kim Jong Un mengatakan bahwa dia bersedia untuk membuka diskusi dengan Seoul.

Keduanya, telah melakukan diskusi mengenai rincian akhir mengenai kinerja bersama. Mereka juga berbicara tentang konser yang berbeda di Korea Selatan oleh orkestra Korea Utara, mengirim atlet Korea Selatan untuk berlatih di sebuah resor ski Korea Utara.

Seoul mengatakan keputusan Korea Utara untuk membatalkan kinerja bersama sangat disesalkan, sementara Pyongyang harus menjunjung tinggi semua kesepakatan yang dibuat antara Korea Utara dan Korea Selatan.