Perjalanan Haji

Majalahayah.com, Jakarta – Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin menyatakan persiapan penyelenggaraan perjalanan bagi jamaah haji Indonesia berjalan tepat waktu sesuai rencana. Hal ini juga berkaitan dengan masalah visa juga paspor.

“Alhamdulilah persiapan haji lancar dan sesuai jadwal. Proses visa dan paspor sudah banyak yang terkumpul dan sesuai jadwal,” katanya di Jakarta, Sabtu.

Lukman juga mengatakan secara umum tidak ada kendala prinsip dalam persiapan penyelenggaraan pelayanan haji.

“Mudah-mudahan terus berjalan sehingga prosesnya lancar dan sesuai rencana,” katanya.

Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Nasrullah Jassam mengatakan sampai Jumat (13/7) sebanyak 94.000 visa jamaah sudah selesai dan proses pengurusan visa tetap berlangsung pada Sabtu (14/7).

“Targetnya seluruh visa jamaah yang berangkat pada gelombang pertama segera tuntas,” ujarnya.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tahun ini menetapkan kuota jamaah haji Indonesia sebanyak 221.000 orang, naik 10.000 dari tahun lalu.

Sementara jumlah paspor calon haji reguler yang sudah diserahkan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi ke Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah mencapai 170.652.

Pemberangkatan jamaah haji akan dilakukan dua tahap, pertama pada 17-29 Juli menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah; dan kedua menuju menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah selama 30 Juli-15 Agustus.

Menteri Agama dijadwalkan melepas kloter Jakarta-Pondok Gede (JKG 01) dari Asrama Haji Pondok Gede, pada Selasa (17/7) pukul 05.00 WIB.