Home Kabar Menkes Gandeng Universitas untuk Kaji Penyebab Meninggalnya Petugas KPPS

Menkes Gandeng Universitas untuk Kaji Penyebab Meninggalnya Petugas KPPS

123
Menteri Kesehatan, Nila F Moloek (Dok : Twitter Kemenkes)

Majalahayah.com, Jakarta – Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyebut pemerintah membentuk tim independen dari universitas untuk mengkaji secara ilmiah atas kejadian meninggalnya ratusan petugas KPPS Pemilu 2019.

“Memang dengan KPU kita sudah membicarakan, mereka menyetujui tim independen dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia bersama fakultas-fakultas lain, mereka akan mengkaji mengapa ini bisa terjadi dan memikirkan secara ilmiah itu apa yang harusnya dilakukan ke depan,” kata Nila melansir laman antaranews, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Nila menyebut pemerintah melalui dinas kesehatan seluruh provinsi di Indonesia masih mengumpulkan audit medik pada tiap kasus kematian yang terjadi.

Menkes Nila menegaskan bahwa kelelahan bukanlah penyebab kematian melainkan hanya pemicu yang membuat kondisi kesehatan menjadi tambah buruk diakibatkan oleh penyakit lain. “Bukan, kelelahan hanya pemicu, tapi di balik itu dia ada penyakit lain,” kata Nila.

Dia menjelaskan apabila seorang petugas tidak memiliki penyakit sebelumnya dan dengan cara kerja yang diatur tidak akan menyebabkan kematian.

Sebelumnya, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia telah menyatakan bahwa penyebab kematian petugas KPPS bukanlah kelelahan. IDI menyebut kelelahan hanya sebagai pemicu atau pemberat penyakit lain yang menyebabkan kematian.