Majalahayah.com, Jakarta – Banyak orang, terutama selebriti memiliki usia pernikahan tidak sampai seumur jagung. Sebut saja aktor Nicolas Cage dan penata rias Erika Koike, yang bercerai hanya empat hari setelah mereka menikah.

Nicolas mengaku dia terlalu mabuk ketika mengajukan pernikahan. Perceraian ini tentu membuat Erika patah hati, dan mengatakan dia merasa terluka serta dianiaya.

Meski begitu, ada juga orang-orang yang benar-benar saling memahami hingga usia pernikahan mereka bisa mencapai puluhan tahun.

John dan Charlotte Henderson bertemu pada 1934, dan menikah pada 1939. Pasangan ini, yang memiliki usia gabungan 211 tahun, baru saja terdaftar dalam Guinness Book of World Records, sebagai pasangan hidup tertua di dunia.

John dan Charlotte bertemu ketika mereka berdua mahasiswa di University of Texas. John adalah pemain sepakbola, sementara Charlotte menjalani pelatihan guru.

John pun menjaga agar dirinya tetap bugar dan sehat pada usia 106 tahun. Bahkan, dia masih bergabung dengan klub sepak bola University of Texas, dan menjadi pemain tertua yang masih hidup. Dia pun kerap menghadiri setidaknya satu pertandingan Longhorns, sebuah tradisi yang dia pertahankan selama 84 tahun.

Keluarga Henderson sendiri telah merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang ke-80 pada 15 Desember. Pernikahan mereka pun tetap awet dan bahagia begitu lama karena menjalani kehidupan yang tidak berlebihan dan selalu ramah satu sama lain.

Sebelumnya, rekor pasangan tertua dipegang oleh Masao Matsumoto dan Miyako Matsumoto didaulat menjadi pasangan suami istri tertua secara agregat di dunia.

Guinness World Records menasbihkan keduanya menjadi pasangan tertua di dunia secara agregat. Umur Masao 108 tahun, sedangkan umur Miyako 100 tahun sehingga total agregat usia pasangan itu adalah 208 tahun.

Pasangan asal Jepang itu sudah menikah sekitar 80 tahun sejak Oktober 1937. Miyako mengatakan, dirinya sangat senang dengan penghargaan itu dan bersyukur telah menjalin hubungan suami-istri yang begitu langgeng dan penuh kesabaran.

Jepang memang salah satu negara yang memiliki harapan hidup terpanjang di dunia. Data Kementerian Kesehatan Jepang menunjukkan, Negeri Samurai menduduki peringkat ke-2 yang memiliki harapan hidup tertinggi yakni, 84 tahun.