Majalahayah.com, Jakarta – Nama Pulau Sebaru mulai banyak diperbincangkan setelah pemerintah berencana untuk mengevakuasi 188 WNI awak kapal pesiar World Dream ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu ini. Pulau yang tak berpenghuni ini akan menjadi tempat observasi para WNI selama beberapa waktu.

Tapi, tidak banyak orang tahu tentang pulau kecil yang dapat ditempuh selama 2 jam dari pesisir Jakarta ini. Padahal, Pulau Sebaru menyimpan harta karun khususnya bagi pelancong.

Agar tidak penasaran, berikut adalah keindahan Pulau Sebaru yang tidak diketahui orang.

1. Asri dan Damai

Lokasinya yang lebih jauh dari Jakarta dibandingkan dengan pulau-pulau sekitar seperti Pulau Pramuka dan Pulau Tidung menjadikan destinasi wisata ini tidak terlalu ramai pengunjung. Turis kebanyakan adalah penyelam yang mencari tempat diving dekat Jakarta.

Selain itu, di sekitar pulau tumbuh pepohonan yang membuat suasana pulau makin asri dan nyaman untuk berpiknik. Tak heran, tempat ini cocok sebagai destinasi wisata untuk kamu yang ingin bebas dari hiruk pikuk kota Jakarta.

2. Memiliki Fasilitas Memadai

Meskipun tak berpenghuni, akan tetapi Pulau Sebaru Kecil ini memiliki fasilitas yang memadai dan cocok untuk tempat observasi WNI ABK World Dream selama 14 hari terkait virus corona.

“Ini pulau kosong tapi perlengkapannya luar biasa, termasuk mata air, sumber air ini semua luar biasa dan gedungnya juga terpisah-pisah. Jadi memang seperti direncanakan kita dapat berkah, kita buat evakuasi, observasi enak,” kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto usai Rakor Tingkat Menteri di Kemenko PMK, Jakarta, Senin (24/2/2020).

3. Tempat Rehabilitasi Pecandu Narkoba

Pulau yang tidak tercatat di aplikasi Google Maps ini ternyata dulunya adalah tempat rehabilitasi untuk pecandu narkoba.

4. Biota Laut Beragam

Di Pulau Sebaru, kamu dapat melihat keindahan biota bawah laut Pink Anemone jika melakukan menyelaman di Dermaga Sebaru, Gosong Sebaru dan Sebaru Konservasi. Ikan Nemo juga sangat mudah ditemui di sini. Jika beruntung, pengunjung bahkan bisa melihat lobster dan penyu.

5. Menikmati Aksi Ikan Terbang di Pagi Hari

Jika menginap di Pulau Sebaru, manfaatkan waktu pagi hari untuk berjalan santai mengelilingi pulau sambil menghirup udara segar. Jangan lewatkan pula atraksi ikan-ikan terbang menakjubkan yang dapat terlihat dari dermaga.