Mengejutkan, Aksi 4 November Ada di Wikipedia, Bisakah Isinya Dipercaya?

Mengejutkan, Aksi 4 November Ada di Wikipedia, Bisakah Isinya Dipercaya?

362
SHARE
Screen Shoot Laman Wikipedia yang Menampilkan Artikel Aksi 4 November, sumber: wikipedia.org

Majalahayah.com – Peristiwa demonstrasi dari berbagai organisasi massa Islam pada Jumat 4 November lalu ternyata sudah terabadikan dalam situs Wikipedia. Aksi unjuk rasa yang digelar dalam rangka menuntut gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama agar diperiksa kepolisian itu, sudah tersedia lengkap dengan berbagai informasi terkait di situs tersebut.

Diberi judul  ‘Aksi 4 November’, artikel yang ada pada kolom referensinya menautkan sumber atau link pemberitaan dari berbagai media massa lokal maupun internasional. Disebutkan bahwa jumlah peserta dengan estimasi 50.000-200.000 orang dengan satu meninggal karena asma, sedangkan jumlah yang terluka hanya dicantumkan satu dari polisi dan dua dari warga saja.

Tentunya hal itu berbeda dengan klaim beberapa pihak yang menyebut jumlah massa mencapai angka jutaan dan korban meninggal bukan karena asma. Hal itu disampaikan Pusat Hak Asasi Muslim Indonesia (Pushami) yang dalam penelusurannya tidak menemukan adanya riwayat penyakit asma pada korban meninggal melainkan akibat serangan gas air mata aparat.

Baca juga :   Agama Mayoritas di Indonesia Mengalami Kelemahan Tingkat Kerukunannya

Sumber referensi juga tidak ada yang berasal dari pihak resmi massa yang menggelar aksi. Hanya ada satu sumber referensi pada nomor enam dari pihak Front Pembela Islam, namun nyatanya tautan itu pun tidak bisa dibuka. Foto yang tertera juga pada saat terjadinya kerusuhan.

Selain itu disana tertulis “Disinyalir elemen demonstran beratribut HMI memulai dorong-dorongan dan menyerang polisi”. Padahal Ketua Umum PB HMI, Mulyadi P Tamsir sudah menegaskan kadernya bukanlah penyebab kerusuhan itu. Rilis yang diberikan dari Muhamadiyah dan Nahdlatul Ulama pun menjelaskan bahwa mereka menengarai adanya provokator lain yang ingin menodai aksi luhur dari demonstrasi massa Islam 4/11.

Halaman artikel itu kini diproteksi oleh pihak bersangkutan dimana biasanya itu terjadi karena ditakutkan adanya penyuntingan yang menyebabkan kerancuan informasi atau vandalisme. Sehingga informasi yang tercantum sudah tidak bisa diganggu gugat lagi. Tidak jelas sampai saat ini siapa orang atau pihak yang menulis artikel di situs ensiklopedia terbesar itu.

Baca juga :   Akibat Cuit di Medsos, Relawan KORSA Laporkan Guntur Romli ke Bareskrim

Wikipedia menjadi sebuah situs berbagi informasi online multibahasa yang tidak asing lagi bagi para pengguna internet karena selalu menjadi sumber rujukan informasi akurat dan kredibel. Ensiklopedia gratis itu didirikan pada 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger bermarkas di Amerika Serikat dibawah naungan organisasi nirlaba Wikimedia Foundation.Inc.

Penulis artikel atau kontributor-nya pun tersebar di berbagai penjuru dunia, dan memegang teguh prinsip Netral Point of View (NPOV) dimana si penulis tidak boleh tertekan oleh pihak atau agenda rezim manapun dari tuannya informasi. Wikimedia Foundation juga membawahi Wikiquote, Wiktionary, Wikisource, Wikibooks, Wikinews, Wikispecies, dan Wikiversity.