Mengapa Wanita Mudah Gugat Cerai?

Mengapa Wanita Mudah Gugat Cerai?

2999
SHARE
Mengapa Wanita Mudah Gugat Cerai?
Ilustrasi Penyebabwanita gugat cerai. Sumber : Tim Samara Academi

Oleh: Tim Samara Academy

Majalahayah.com – Dari berbagai sumber menyatakan, jumlah perceraian yang tinggi didominasi oleh wanita yang mengajukan gugatan cerai. Mengapa bisa demikian? Bukankah dahulu pernah berjanji untuk sehidup semati? Bukankah dahulu saat pertama kali jumpa memiliki satu visi yang sama. Mengapa kini merasa berbeda persepsi? Bukankah kodratnya pria dan wanita itu tidak sama, mengapa kini merasa sudah berbeda?

Faktor ekonomi menjadi faktor yang paling dominan atas kasus perceraian. Terutama di kota-kota besar di Indonesia. Banyak suami yang hidupnya di bawah bayang-bayang isteri, akhirnya jadi minder, merasa tidak punya harga diri lagi. Karena penghasilan istrinya lebih besar dari dirinya. Apakah demikian?

Sebaliknya, ketika suami berpenghasilan, tuntutan demi tuntutan hidup terus mengikuti. Keinginan yang bukan kebutuhan menjadi kewajiban. Kebutuhan yang harusnya didahulukan dinomerduakan. Istri menuntut banyak pada suami, sementara itu penghasilan suami tak juga kunjung tinggi.

Baca juga :   Atasi Krisis, Kepemimpinan Umar dan Keprihatinannya pada Rakyat Miskin

Namun, jika diurai lebih dalam lagi. Tidak hanya faktor ekonomi yang menjadi alasan wanita mengajukan gugatan cerai. Ada banyak faktor tersirat yang masih jarang dikupas dalam berbagai kesempatan. Dalam kajiannya, Tim Samara Academy mengurai setidaknya ada empat faktor yang menjadi penyebab gugatan cerai dari wanita:

  1. Suami merasa istrinya sudah tidak cantik lagi
  2. Hilangnya kepemimpinan pada suami
  3. Pengaruh keluarga istri karena nasab yang lebih tinggi
  4. Kurang bekal ilmu agama

Apakah ke empat poin tersebut juga anda alami? Misalnya saat suami sibuk dengan tugas kantor yang padat, sementara kebutuhan istri hanya diberikan hanya sebatas urusan materi. Perhatian, kasih sayang, dan keharmonisan sudah mulai memudar.

Baca juga :   Majalah Ayah Bukan Hanya Dominasi Laki-laki

Perasaan negatif pun muncul dari benak isteri, apakah suami sudah bosan? Mungkinkah ada wanita simpanan yang menjadi tempat curhatan hati? Dan berbagai pertanyaan dan anggapan negatif yang bisa benar dan bisa juga salah.

Ke empat poin tersebut yang akan menjadi bahan diskusi dalam Kuliah Pernikahan dan Keluarga di Kuliah Tematik Pernikahan “Samara Academy“ di mulai pada 4 Februari 2018. Informasi lengkap pendaftaran klik http://bit.ly/2zFyBtd atau hubungi 081617170061 / 089653390485 (for akhwat) dan 085379900990 (for ikhwan).