Home Parenting Mengapa Mengajarkan Memberi kepada Anak Penting?

Mengapa Mengajarkan Memberi kepada Anak Penting?

84

Majalahayah.com, Jakarta – Keluarga tentunya menjadi tempat pertama anak untuk belajar. Agar anak bisa menyerap ilmu pengetahuan dan merdeka dalam belajar tentunya peran orangtua amat dominan untuk mencapai hal tersebut. 

Pembelajaran sederhana dari orangtua namun tepat sasaran ialah saling memberi atau menolong orang lain. Membiasakan dua hal ini sejak dini akan berbuah manis kedepannya loh bun. Mengapa? Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Arizonamenemukan bahwa mengajarkan anak-anak bagaimana secara tepat memberikan uang mampu membangun kemampuan finansialnya dalam hal menyimpan dan menghasilkan uang di masa depan.

Penelitian yang diketuai Ashley LeBaron dan diterbitkan dalam Journal of Family and Economic Issues ini mengungkapkan bahwa anak-anak belajar tentang keuangan terutama dari orangtua mereka. Bagaimana mereka mengelola dan menggunakan keuangan, apakah dengan bijak atu tidak.

Boleh dikatakan, orangtua yang mengajarkan anak bagaimana memberi juga akan membuat anak memahami bahwa meski uang dibutuhkan setiap hari, namun sebagai manusia tak boleh terikat hanya pada uang. Kikir atau pelit terhadap uang hanya akan membuatnya berambisi mencari uang dengan moral yang kurang.

Sedangkan belajar memberi terhadap sesama atau mengetahui bahwa terkadang kita juga bisa kehilangan uang untuk hal tertentu, akan membuatnya mengerti bahwa ada kalanya melepaskan uang juga baik untuk dirinya sendiri, karena menjadi lebih manusiawi.

Anak juga jadi lebih paham kapan harus menyimpan uang, membelanjakannya atau apa yang harsu dilakukan untuk bisa menghasilkan uang dengan cara yang baik, bun. Jadi, jangan abaikan mengajarkan memberi pada anak sejak kecil ya.