Ilustrasi aktifitas produktif. Sumber tamasia.co.id

Majalahayah.com – Pada kondisi saat ini, masyarakat tengah dibatasi dalam beraktivitas diluar rumah. Virus mewabah COVID-19 telah menyebar hampir diseluruh negara di dunia. Kegiatan di semua bidang pun dibatasi guna meminimalisir penyebaran virusnya sehingga banyak aktifitas yang harus dialihkan ke rumah.

Ternyata ada tantangan tersendiri bagi masyarakat yang memiliki banyak waktu di dalam rumah selama pendemi. Selain usaha mengkonversi kegiatan apa saja diluar yang akan dilakukan di rumah, kebanyakan malah bingung sendiri dan mati gaya. Tiada kata lain, kita butuh aktifitas produktif yang bisa dilakukan oleh kala luang. Berikut aktifitas-aktifitas produktif yang bisa dilakukan :

Merawat diri

Saat dirumah saja selama pendemi kita mendapatkan waktu luang yang cukup untuk merawat diri. Dengan merawat dan menjaga diri adalah bentuk syukur kita kepada Allah swt.

  • Merawat diri dapat dilakukan dengan menggunakan skincare pada wajah. Gunakan produk-produk kecantikan sesuai dengan kebutuhan kulit. Lakukan masker wajah 1-2x seminggu.
  • Lalu, menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Gunakan sabun dan body lotion yang tepat agar kulit tubuh tidak kering. Olahraga rutin serta minum air putih setidaknya 2 liter dalam sehari.
  • Selanjutnya, menjaga kesehatan rambut. Gunakan produk rambut sesuai dengan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan. Jangan sering-sering keramas agar rambut tidak kering. Gunakan pula hair tonic untuk menutrisi rambut.
  • Dan majaga kesehatan gigi.

Berkreasi dengan barang-barang yang ada

Kegiatan yang dapat kita lakukan dirumah juga ialah mengkreasikan barang-barang yang ada dirumah. Misalnya, tie dye kaos atau sweater lama yang warnanya sudah pudar atau sudah tidak terpakai. Percampuran warna corak dapat memperindah pakaian. Pakaian bisa terlihat seperti baru kembali.

Mengerjakan tugas

Kegiatan ini tentunya cukup penting. Tugas adalah tanggung jawab yang harus segera dilaksanakan dan diselesaikan dengan baik. Mengerjakan tugas dapat mengisi waktu luang yang ada selama dirumah saja. Selain itu, kita pun menjadi merasa tidak terbebani ketika sudah menyelesaikan tugas tepat waktu.

Berjualan online

Saat ini media sosial sangat mudah untuk digunakan. Berkat kemudahan tersebut para penjual online pun juga mudah untuk mengiklankan produk-produknya. Dengan begitu banyak para pembeli berdatangan. Terlebih lagi saat kondisi pendemi masyarakat sangat aktif dalam menggunakan media sosial. Kesempatan ini dapat diambil guna mengisi waktu luang dan juga mencari keuntungan.

Mendekor kamar

Kamar yang nyaman dan indah tentunya dapat membuat sang pemilik senang. Maka dari itu, mendekor kamar menjadi kegiatan yang dapat dilakukan saat dirumah saja. Mendekor kamar dapat disesuaikan dengan kepribadian kita. Jika menyukai warna-warna yang soft gunakan warna-warna pastel pada dinding dan juga dekorasi lainnya. Mencari referensi-referensi lainnya juga dilihat di pinterest

Menulis

Menulis seperti membuat cerita pendek, puisi, novel, esai, lagu, dan sebagainya juga dapat dilakukan ketika di rumah saja. Berbagai uneg-uneg, keluh kesah serta curhat-curhatan dapat dituangkan dalam bentuk tulisan sehingga beban terasa lebih ringan. Terlebih jika tulisan yang kita tuangkan itu bisa menjadikan sebuah karya dan bahkan bisa sampai menghasilkan uang tambahan lho.

Selama kegiatan produktif tersebut positif dan kita mendapatkan manfaat, kenapa tidak dicoba? Selamat mencoba ya!