Majalahayah.com, Istanbul – Ini merupakan kegembiraan bagi umat Islam dunia, terutama muslim Turki, suara azan yang indah kembali terdengar di Hagia Sophia.

Suara azan dikumandangkan di Hagia Sophia beberapa hari lalu dalam sebuah video orang azan terlihat di Youtube.

Seperti dilansir dari Greek Reporter, Kamis (26/3/2020), beberapa analis mengatakan, suara azan dikumandangkan hanya dua hari sebelum peringatan kemerdekaan Yunani pada 25 Maret 1821. Ini merupakan kemerdekaan Yunani dari Kekaisaran Ottoman Turki.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memang berencana mengembalikan Hagia Sophia sebagai masjid. Museum Hagia Sophia sebelumnya memang merupakan gereja.

Namun di tengah kekuasaan Ottoman Turki, Hagia Sophia diubah menjadi Masjid Hagia Sophia. Tepatnya 29 Mei 1453, setelah jatuhnya Konstantinopel di tangan Turki, dan tetap menjadi masjid sampai tahun 1931.

Kemudian saat Turki berubah menjadi negara sekuler di era Mustafa Kemal Pasha masjid ini diubah menjadi Museum Hagia Sophia.

Hagia Sophia saat ini juga merupakan Monumen Warisan Dunia UNESCO. Ini juga menjadi situs wisata paling banyak dikunjungi di Turki pada 2014 dan 2015.

Pemerintah Turki mengumumkan bahwa penggunaan museum sebagai tempat ibadah sejak 1931 telah dilarang keras.

Namun, pada tahun 2006 pemerintah Turki mengizinkan alokasi kamar kecil di kompleks Museum Hagia Sophia untuk digunakan sebagai ruang ibadah bagi staf museum yang beragama Kristen dan Islam.

Lalu sejak 2013 azan pun berkumandang selama dua kali sehari, pada sore hari di menara Museum Hagia Sophia.