Foto : Biro Pers Setpres

Majalahayah.com – Makna hari Idul Adha memiliki beragam arti bagi beberapa orang. Tidak terkecuali bagi presiden Joko Widodo yang ikut berkurban dengan menyerahkan satu ekor sapi Limosin.

Presiden Jokowi yang merayakan Idul Adha bersama keluarganya di di Masjid Agung At-Tsauroh Serang. Mengatakan bahwa Idul Adha adalah moment dari seorang Muslim untuk berkurban untuk sesama.

“Hari raya kurban yang jatuh hari ini menjadi pengingat kita semua, bahwa spirit berkorban sangat diperlukan. Entah berkorban untuk masyarakat, berkorban untuk keluarga, berkorban untuk lingkungannya,” ucap Jokowi usai salat Idul Adha di Masjid Agung At-Tsauroh Serang, dikutip dari Detik.com

Jokowi pun menegaskan pentingnya untuk mengingat sesama. Terutama orang-orang disekitar kita.

“Jangan hanya maunya pengen kaya sendiri, pengen menang sendiri, abai terhadap lingkungan, terhadap tetangga dan terhadap yang tidak mampu,” lanjut Jokowi.

Presiden asal Solo ini pun berharap moment Idul Adha menjadi insipirasi untuk meningkatkan gotong royong. Apalagi melihat kompetisi yang semakin keras belakangan ini.

“Hari raya Idul Kurban ini juga menjadi inpirasi kita bahwa kita semua harus bekerja keras untuk negara, warga, bekerja keras untuk kotanya, kabupatennya, lingkungannya, dan dengan kerja keras itu kita bisa memenangkan persaingan, memenangkan kompetisi yang sekarang ini semakin hari semakin sengit,” papar Jokowi.

Setelah menunaikan shalat, Jokowi menyapa dan bersalaman dengan dengan warga yang memenuhi masjid. Bahkan, beberapa di antaranya sempat berfoto bersama Presiden.

Di masjid ini, Jokowi turut menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor sapi yang akan didistribusikan kepada masyarakat sekitar yang kurang mampu.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi oleh Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Banten Rano Karno dan Walikota Serang Tubagus Haerul Jaman.