Mahkota untuk Orang Tua, Wisuda Tahfidz Angkatan VIII Rumah Qur’an Daarut...

Mahkota untuk Orang Tua, Wisuda Tahfidz Angkatan VIII Rumah Qur’an Daarut Tarbiyah

221
SHARE
Foto : Penyematan simbolis mahkota ke orang tua masing-masing bagi wisuda tahfidz 30 juz. (Majalahayah.com/RQ)

Majalahayah.com, Depok – Rumah Quran Daarut Tarbiyah (RQ) merupakan lembaga tahfidz yang didirikan pada 01 November 2008 oleh Alm. Ustad Fadlyl Utsman Baharun. Berawal dari rumah sederhana di daerah Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, kemudian semakin berkembang sehingga RQ memiliki beberapa cabang berbasis Universitas (RQ Univ. Indonesia, RQ IPB, RQ STAN, RQ LIPIA, RQ UIN, RQ Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, RQ Al- Hikmah) dan berbasis non-universitas (RQ Bekasi, RQ Pasar Minggu, RQ Palembang).

Pada tanggal 10 Juni 2017, RQ mengadakan Wisuda Tahfidz angkatan VIII dengan tema “Genggam Dunia Dengan Al-Quran” di Gedung Satya Haprabu, Korps Brimob, Kelapa Dua Depok dengan peserta wisuda sebanyak 150 orang dengan tamu yang hadir sebanyak 250 orang (terdiri dari wali santri, tamu undangan, dan panitia)

Acara ini dihadiri oleh Dr. Tatik Wijayati, M.pd (Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kota Depok), Camat Kel. Beji, Depok, Ust. Abdul Muiz Saadih, MA (Penasehat Umum Rumah Quran Daarut Tarbiyah), Ust. Ibnu Jarir, Lc (Pimpinan Umum Rumah Quran Daarut Tarbiyah).

Baca juga :   Menyambut Hari Santri, Pondok Pesantren Inggris Tampilkan Ragam Budaya Dunia

Rangkaian acara terdiri oleh:

  1. Sambutan Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kota Depok, Penasehat Umum RQ, dan Pimpinan Umum RQ);
  2. Ceramah dari Penasehat Umum RQ, dan Pimpinan Umum RQ);
  3. Prosesi Wisuda;
  4. Penayangan Video Motivasi dan Mengenang Pendiri RQ (Alm. Ust. Fadlyl Utsman Baharun);
  5. Tasmi’ Quran.

Terima kasih, saya bangga dengan adanya Rumah Quran dan antusias para santri dalam menghafal bisa membendung segala berita negatif yang ada di Depok. Semoga santri Rumah Quran tambah banyak dan kualitasnya semakin baik ” ucap Dr. Tatik Wijayati dengan nada haru.

“Saya menitipkan pesan ke Walikota Depok, harapannya dalam satu rumah di Kota Depok minimal terdapat 1 orang penghafal quran. Ini bisa dijadikan slogan kota Depok.” ucap Penasehat Umum Rumah Quran.

Baca juga :   Disebut Hanya Formalitas, Fit &lll Proper Tes Komisioner KPU & Bawaslu dapat Sorotan
Foto : Wisuda Santriwati Tahfidz Rumah Quran Daarut Tarbiyah. (Majalahayah.com/RQ)

Prosesi wisuda berlangsung dengan khidmat dan berjalan lancar khususnya bagi wisuda tahfidz 30 juz saat menyematkan simbolis mahkota ke orang tua masing-masing. Suasana haru menyelimuti ruangan wisuda. Penyematan mahkota tersebut mengilustrasikan seorang penghafal Quran di akhirat nanti akan memberikan mahkota kepada orang tuanya yang terbuat dari cahaya yang lebih terang dari cahaya matahari.

Dalam acara tersebut juga menayangkan video untuk mengenang pendiri RQ yang telah wafat pada bulan April 2017. Suasana tangis, haru, dan rindu memenuhi ruangan wisuda dan tidak hanya dirasakan oleh seluruh santri, tetapi juga seluruh wali santri dan tamu yang hadir.

Foto : Wisuda santri Tahfidz Rumah Quran Daarut Tarbiyah. (Majalahayah.com/RQ)

Setelah itu dilanjutkan dengan penanyangan video mortivasi sehingga santri RQ termotivasi agar menjadi generasi Qurani yang mampu berprestasi di kancah dunia.

Rumah Quran Daarut Tarbiyah insyaAllah akan terus berkomitmen untuk mencetak penghafal quran yang berakhlakul karimah dan memiliki kontribusi sosial di masyarakat.