Ilustrasi Madu Hutan. Sumber www.grosirmadujogja.com

Majalahayah.com – Madu merupakan cairan alamiah yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Sebagian besar madu mengandung banyak zat gula, oleh sebab itu madu rasanya manis. Selain sebagai perisa manis alami, madu yang dihasilkan dari lebah juga dipercaya baik untuk kesehatan tubuh.

Madu juga dapat dicampurkan di berbagai macam olahan makanan dan minuman. Tidak hanya itu, madu juga kerap kali dipakai untuk campuran obat tradisional, bahkan madu juga banyak dipakai di berbagai produk kecantikan wajah maupun tubuh.

Pada saat pandemi seperti ini, kita harus pandai-pandai menjaga kekebalan daya tahan tubuh. Bisa dengan melakukan olah raga rutin, menjaga pola makan, atau mengonsumsi obat tradisional. Di indonesia sendiri ada banyak sekali jenis madu yang dapat kita jumpai dimanapun, namun yang sering dikonsumsi  adalah jenis madu hutan. Madu hutan ini dihasilkan oleh madu liar jenis Apis dorsata yang hidup di kawasan hutan.

Madu bersifat membunuh bakteri dan membantu melawan partikel asing dalam tubuh. Hal ini disebabkan  oleh sifatnya sebagai antibakteri, antiseptik, antioksidan, antijamur, dan probiotik madu hutan ini dapat membatu meningkatkan stamina dan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan Vitamin B6, thiamin, niasin, riboflavin, asam pantotenat, dan asam amino serta kandungan mineral, seperti kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, dan seng yang terdapat dalam madu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sedangkan kandungan antioksidan tinggi dalam madu baik intuk meredakan batuk, menjaga tenggorokan yang kering, maupun menghilangkan dahak saat tubuh terserang flu. Kandungan-kandungan tersebutlah yang menjadikan madu hutan memiliki banyak manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah dari berbagai macam penyakit.

Anda bisa mengonsumsinya dengan cara mencampurkan madu dengan air hangat sebelum tidur. Cara ini dapat dijadikan sebagai salah satu fungsi detoks yang membantu mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh.

Hal yang perlu diperhatikan, madu hutan memang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh, menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat juga harus diimbangi agar memeroleh hasil yang maksimal.