Gunung merapi luncurkan awan panas 1100 meter (Foto: BNPB)

Majalahayah.com, Yogyakarta – Kota Pelajar, Yogyakarta, selalu menarik untuk didatangi, tak heran kota satu ini jadi salah satu destinasi favorit orang Indonesia dan wisatawan mancanegara. Jika ke Yogyakarta, jangan hanya mengunjungi kawasan seperti Malioboro, tapi coba juga berkunjung ke kawasan gunung Merapi.

Ya, salah satu gunung api yang sampai sekarang masih aktif ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk didatangi loh! Penasaran? Dilansir dari Okezone, Jumat (14/2/2020) yuk Sobat simak uraian singkat destinasi wisata menarik di sekitar gunung Merapi.

Volcano tracking

Lokasi bekas letusan merapi pada 2010 silam, jalanan pasir berbatu yang ditempuh menggunakan mobil jeep terbuka. Di sini wisatawan bisa berpetualang mendapatkan sensasi melewati jejak-jejak bekas letusan gunung Merapi.

Punthuk Setumbu

Lokasinya tidak jauh dari Borobudur dan Merapi, bisa jadi pilihan andalan jika ingin menikmati pemandangan cantik matahari terbit alias sunrise. Menikmati kecantikan dan ajaibnya momen saat matahari terbit, sambil ditemani keindahan Candi Borobudur dan gereja ayam yang menjadi salah satu tempat ikonik di Yogyakarta.

Museum Ullun Sentalu

Di situs traveling seperti Tripadvisor, destinasi ini meraih rating tinggi. Disebutkan sebagai salah satu museum yang paling bagus di Indonesia, hadir dengan desainnya yang artistik dan berita pengetahuan di museum ini tertata rapi. Cocok sekali untuk berwisata sambil belajar, apalagi sambil membawa anak-anak.

Stonehange

Tidak perlu jauh-jauh ke Inggris, sebab di dekat Merapi pun ada Stonehenge. Susunan batu-batu indah yang dirancang mirip seperti lokasi aslinya di Inggris. Destinasi ini cocok bagi yang hobi foto-foto, bisa bersama teman, keluarga, atau bahkan jadi lokasi foto pra-wedding juga loh!

Museum Gunung Merapi

Selain ke Ullun Sentalu, jika ke Merapi rasanya sayang jika melewatkan museum gunung Merapi. Seperti namanya, di museum ini para wisatawan yang datang bisa mempelajari seluk-beluk sejarah tentang gunung Merapi.

Bahkan museum satu ini juga dilengkapi dengan fasilitas bioskop yang menampilkan film dokumenter gunung Merapi. Tiket masuknya sangat murah, hanya sekitar Rp10.000 saja!