Home Kesehatan Lelah Duduk Seharian di Meja Kerja? Ini Tipsnya

Lelah Duduk Seharian di Meja Kerja? Ini Tipsnya

70

Majalahayah.com, Jakarta – Usai libur lebaran, para pekerja sudah mulai disibukan kembali di meja kerja. Fokus dengan pekerjaan memang bikin malas untuk beranjak pergi. Namun, pastikan kebiasaan itu tak sahabat ayah ulangi habis libur lebaran tahun ini ya!.

Mengapa? Selain membosankan rutinitas duduk seharian bukanlah hal yang baik untuk kesehatan fisikmu loh!.

Kurang aktifnya pergerakan tubuh di meja kerja, membuat sahabat ayah jarang untuk berolahraga sehingga akan meningkatkan resiko penyakit kronis seperti sakit punggung, leher dan mata.

Namun, teman-teman nggak perlu khawatir,  Majalahayah.com sudah siapkan beberapa hal yang bisa dilakukan agar gaya hidupmu lebih sehat loh. Yuk simak!.

1. Mengatur Meja Kerja

Pastikan komputer berada pada jarak yang tepat dari matamu. Kamu bisa mengalami sakit punggung dan leher ketika terlalu banyak melihat ke bawah.
 

Jika melihat terlalu jauh, matamu akan kering. Buatlah tumpukan buku atau letakkan kotak sepatu di atas laptopmu. Dengan cara ini, mata dan postur tubuhmu akan lebih nyaman.

2. Naik Turun Tangga

Jika terlalu sibuk untuk berolahraga setelah seharian bekerja, luangkan waktu untuk menggerakkan tubuh selama jam kerja.

Gunakan tangga jika kamu bekerja di gedung. Pilih jalan yang membuatmu lebih banyak jalan kaki. Beristirahatlah sebentar setelah duduk terlalu lama. Ini akan membantu sirkulasi darag dan menjaga ototmu tetap aktif.

3. Sering Mengedipkan Mata

Jika pekerjaan mengharuskanmu untuk tetap terpaku pada komputer, usahakan berkedip lebih sering. Menatap layar terlalu lama dapat menyebabkan kamu jarang berkedip dan menyebabkan mata kering.

Luangkan waktu untuk membuka dan menutup mata. Jangan lupa membiasakan diri untuk mengistirahatkan mata setiap 20 menit agar matamu tetap sehat.

4. Minum Air Mineral

Air mineral sangat penting bagi kesehatanmu. Rutin minum air mineral 8 gelas sehari akan membantu memperbaiki sel kuli bahkan bisa menurunkan berat badan.

Tapi yang lebih penting, minum air mineral dapat membuatmu terhidrasi sepanjang hari dan menjaga staminamu. Pastikan untuk minum air secara teratur dan cukup sepanjang hari. Jika perlu, buatlah alarm agar tidak lupa untuk minum air mineral.