Korut Kembali Luncurkan Rudal, Trump : Kita Lihat Saja Nanti

Korut Kembali Luncurkan Rudal, Trump : Kita Lihat Saja Nanti

47
0
SHARE
Parade militer dalam hari kemerdekaan Korea Utara. (Foto: Newsweek.com)

Majalahayah.com, Presiden Amerika Serikat Donald Trump berkomentar mengenai peluncuran rudal jarak pendek yang baru saja dilakukan Korea Utara (Korut). Kepada para wartawan di Gedung Putih, Trump mengatakan bahwa otoritas AS mengamati dengan sangat serius peluncuran rudal-rudal jarak pendek tersebut.

“Tak ada yang senang dengan itu,” katanya seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (10/5/2019).

“Kita akan lihat apa yang terjadi. Saya tahu mereka ingin bernegosiasi, mereka sedang membicarakan tentang negosiasi. Namun saya pikir mereka belum siap untuk bernegosiasi,” imbuhnya.

Sebelumnya, kantor Kepala Staf Gabungan pada militer Korsel menyatakan ada dua rudal yang ditembakkan Korut pada Kamis (9/5) sekitar pukul 16.29 waktu setempat dan pukul 16.49 waktu setempat.

Rudal-rudal itu terpantau ditembakkan dari area Kusong, Korut sebelah barat laut menuju ke arah timur negara tersebut. Menurut Korsel, dua rudal Korut itu mampu melesat sejauh 420 kilometer dan 270 kilometer, serta mencapai ketinggian sekitar 50 kilometer sebelum jatuh ke lautan.

Peluncuran rudal oleh Korut ini menjadi aktivitas serupa kedua dalam sepekan terakhir. Aktivitas Korut menembakkan dua rudal jarak pendek ini terjadi kurang dari satu pekan setelah pemimpin Korut, Kim Jong-Un, mengawasi uji coba sistem persenjataan terbaru, yang terdiri dari sejumlah roket dan setidaknya satu rudal jarak pendek.

Uji coba pada Sabtu (4/5) lalu telah meningkatkan ketegangan di Semenanjung Korea, tepat saat kebuntuan tengah menyelimuti perundingan antara Korut dan AS. Dalam pernyataan terbaru pada Rabu (8/5) waktu setempat, Korut mengecam AS dan Korsel yang menyebut uji coba Korut itu sebagai aksi provokasi. Ditegaskan Korut bahwa uji coba pekan lalu merupakan uji coba ‘rutin dan bersifat mempertahankan diri’.

LEAVE A REPLY