Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Kang Kyung-hwa (Foto: Un.org)

Majalahayah.com, Media pemerintah Korea Utara tidak berkomentar mengenai pergeseran hubungan antara Korea Selatan dan China. Meski belum melakukan uji coba rudal sejak pertengahan September lalu.

Seorang pejabat senior Blue House, dilansir dari Reuters mengatakan bahwa hubungan bilateral yang hangat tampaknya muncul dari kepercayaan yang lebih baik di Seoul oleh Beijing.

Hubungan tersebut telah mengungkap keprihatinan mengenai kemungkinan penerapan tambahan dari sistem pertahanan anti-rudal AS dan kerjasama militer antara Korea Selatan, Amerika Serikat dan Jepang.

Awal pekan ini, Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Kang Kyung-hwa mengatakan bahwa Korea Selatan tidak berniat untuk bergabung dengan sistem pertahanan rudal AS di wilayah tersebut dan tidak akan menjadi tuan rumah THAAD.

Lalu, Kang juga menambahkan bahwa Korea Selatan tidak akan memasuki aliansi militer trilateral dengan Amerika Serikat dan Jepang.

Menurut seorang pejabat senior White House, perjalanan Trump ke Asia termasuk Tokyo, Seoul dan Beijing tidak akan ke zona demiliterisasi yang diperkuat dengan ketat (DMZ) di perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan.