Jam tangan pintar Apple. Foto : ubergizmo

Majalahayah.com, Jakarta – Apple Watch Series 3 resmi dirilis di China pada 22 September lalu. Arloji pintar ini menawarkan konektivitas data lewat jaringan seluler 4G LTE tanpa harus terhubung ke ponsel.

Namun, tiba-tiba saja pada 28 September, registrasi layanan seluler untuk pelanggan baru yang menggunakan Apple Watch Series 3 dihentikan di China.

Penghentian registrasi berlaku untuk para pemilik Apple Watch Series 3 yang belum mendaftar ke layanan seluler. Mereka jadi tidak bisa memanfaatkan fitur koneksi internet mandiri di perangkat itu.

Adapun para pengguna yang sudah terdaftar sebelum tanggal 28 September tidak terdampak.

Inisiatif memblokir alias menghentikan registrasi untuk layanan seluler Apple Watch Series 3 disinyalir datang dari pemerintah China, sebagaimana dilansir dari ArsTechnica.

Sebabnya tak diketahui pasti. Pihak pemerintah China pun tak merilis keterangan mengenai hal ini, tapi alasannya diduga berkaitan dengan kartu eSIM di Apple Watch Series 3 yang digunakan untuk koneksi seluler.

Berbeda dari kartu SIM reguler, eSIM ditanamkan langsung dalam perangkat sejak dari pabrik. Dalam hal ini berarti yang memasang SIM card bukan operator seluler China, melainkan Apple sendiri selaku produsen.

Kartu eSIM kemudian bisa diprogram dengan software untuk memilih operator seluler mana dan paket data apa yang ingin dipilih oleh pelanggan.

Pemerintah Negeri Tirai Bambu dikenal menerapkan aturan ketat soal pemakaian kartu SIM. Tiap pelanggan mesti mendaftar dengan nama asli sehingga identitas pemilik kartu bisa ditelusuri.

Masalahnya dengan Apple Watch Series 3, pemerintah China belum memiliki regulasi untuk mengatur pemakaian dan identitas pelanggan kartu eSIM.

Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China diduga tengah mempelajari soal eSIM sebelum memutuskan apakah akan tetap membuka akses seluler untuk Apple Watch atau tidak.

Proses ini bisa memakan waktu berbulan-bulan. Selama itu pula para pengguna Apple Watch Series 3 di China belum bisa menikmaki konektivitas LTE di perangkat mereka.