Majalahayah.com, Jakarta – Sobat ayah banyak yang menyukai kegiatan jalan-jalan. Demikian juga dengan jalan-jalan menggunakan kendaraan khususnya motor. Tak heran banyak komunitas kerap melakukan kegiatan ini. Entah jarak dekat atau pun jarak jauh.

Memang lebih menyenangkan melakukan jalan-jalan alias touring ini bersama teman-teman. Namun bagaimana bila teman-teman yang kita ajak tidak bisa memenuhi undangan Anda karena berbagai alasan. Berikut tips melakukan touring sendirian seperti disampaikan Wahan Honda dalam keterangan resminya :

Faktor keamanan

Melakukan touring motor jarak jauh sendirian lebih berisiko dibandingkan dengan berkelompok. Faktor dari luar seperti diganggu orang asing, atau kehilangan barang menjadi alasannya. Aturan undang-undang di Indonesia yang melarang penggunaan senjata api tajam masih bisa disiasati.

Anda bisa mempersenjatai diri dengan beberapa barang yang biasa digunakan sebagai alat perbaikan kendaraan yang terbuat dari besi. Seperti, kunci inggris ukuran besar, atau obeng. Mengingat kasus perampasan atau begal di Indonesia yang cukup tinggi, barang-barang tersebut penting untuk dibawa.

Sebagai bahan perlindungan, Anda bisa menggunakan satu stel jaket yang tebal, yang menutupi seluruh tubuh hingga kaki. Jaket yang tebal bisa menahan dari serangan senjata tajam.

Anda juga perlu melengkapi motor dengan alarm. Sebab, akan sering meninggalkan motor saat beristirahat untuk melaksanakan ibadah ataupun tidur. Hal ini untuk mencegah terjadinya pencurian kendaraan.

Ramah dan menghormati pengendara lain, akan sangat membantu perjalanan jarak jauh. Sebab banyak sekali terjadi kasus perkelahian di jalan raya atau road rage karena sikap pengendara yang tidak sabaran dan menghormati pengguna jalan lain.

Faktor kenyamanan

Agar bisa menikmati perjalanan jarak jauh dengan nyaman dan kondisi kesehatan tetap terjaga, pastikan kenyamanan saat berkendara diperhatikan. Jok atau tempat duduk pastikan terbuat dari bahan yang empuk. Serta pastikan posisi tubuh saat mengemudikan kendaraan bermotor tidak membuat Anda capai.

Pakaian juga sangat berpengaruh agar perjalanan terasa nyaman. Jaket tebal yang melindungi seluruh tubuh, tidak hanya untuk pertahanan ketika diserang orang jahat. Tetapi juga akan menjaga suhu tubuh tetap hangat di saat kondisi di perjalanan dalam kondisi hujan atau cuaca dingin. Jangan juga menggunakan pakaian yang terlalu longgar karena akan sangat mengganggu apalagi saat kondisi angin kencang atau juga tersangkut di bagian kendaraan.

Jaga stamina dan siapkan bekal

Selain keamanan dan kenyamanan, Anda juga perlu menjaga kondisi kesehatan saat touring jarak jauh sendirian. Sering-sering beristirahat dalam perjalanan. Jangan terlalu memaksakan ketika tubuh terasa lelah. Apalagi, jika sudah merasa mengantuk, segeralah menepi untuk tidur sejenak. Penyebab kecelakaan paling tinggi saat berkendara adalah karena pengemudi yang mengantuk.

Siapkan juga perbekalan yang cukup untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Ini bisa berupa membawa makanan kaleng instan yang mudah disiapkan atau membawa uang yang cukup untuk membeli konsumsi di perjalanan.