Khabib Nurmagomedov, Petarung MMA yang Pegang Teguh Nilai Agama

Khabib Nurmagomedov, Petarung MMA yang Pegang Teguh Nilai Agama

274
SHARE

Majalahayah.com, Las Vegas – Baru-baru ini nama Atlet MMA Khabib Nurmagomedov menjadi pembicaraan publik. Pegulat ini memiliki nama lengkap, Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov, telah membuat dunia bedecak kagum.

Dari 27 laga yang pernah dijalaninya, ia selalu mendapatkan kemanangan dan tak pernah mengalami kekalahan sekalipun.

Belum lama ini, ia berhasil mengalahkan, Conor McGregor pada pertandingan UFC 229 di T-Mobile Arena, Las Vegas pada Sabtu (06/10/2018).

Kemenangan yang ditorehkan Khabib pada pertandingan tersebut, menegaskan dominasinya atas gelar yang raihnya pada ajang MMA.

Hal menarik dari Khabib adalah ia ternyata adalah seorang muslim yang berasal dari Rusia, mengutip dari The Guardian.

“Saya merasa mewakili negara saya. Bukan hanya negara saya, tapi semua bekas negara anggota Uni Soviet, karena saya memiliki penggemarnya yang sangat besar di sini dan saya memiliki lebih dari satu miliar penggemar Muslim,” kata Nurmagomedov kepada The Guardian.

Baca juga :   Politisi PKS: Trump Langgar Batas Kemarahan Umat Islam

Hal itu pula membuatnya menjadi petarung Muslim asal Rusia pertama yang menjadi pemegang gelar Juara UFC.

Meski menjadi petarung MMA dengan jadwal padat, ia sempat menolak untuk bertarung saat bulang Ramadhan dengan sebuah alasan.

Dilansir dari Ilmfeed hal itu pernah diutarakan oleh Khabib saat dirinya berbicara pada mma.pl. Khabib menjelaskan bagaimana umat Islam pergi tanpa makanan atau minuman selama 16 jam dan bahwa ia memprioritaskan puasa mengambil bagian dalam kompetisi.

Dia mengatakan bulan suci berarti segalanya baginya. “Ramadhan, ini adalah segalanya bagiku, aku tidak berpikir tentang pertarungan. Aku percaya pada Satu Tuhan. Agama untukku adalah nomor satu.” kata Khabib.

Sebelum pertandingan pada 6 Oktober 2018 kemarin, perseteruan Khabib dan McGregor kerap terjadi. Bahkan, di beberapa gelaran konferensi pers, mereka kerap beradu mulut.

Dalam satu kesempatan konferensi pers, ada peristiwa dimana McGregor menawari minuman keras kepada Khabib. Miras yang dibawa McGregor disodorkan kepada Khabib, namun dengan tegas Khabib menolaknya.

Baca juga :   Insiden Mobil Meledak, Kapitra Ampera: Peristiwa yang Sangat Menyakitkan

Bahkan ada peristiwa menarik pada konferensi pers sehari sebelum laga panas antara Khabib dan McGregor berlangsung.

Di depan ribuan fans-nya, Khabib mengucapkan Alhamdulillah dan ia ucapkan berulang-ulang. Saat itu ia juga berjanji akan mengalahkan McGregor, dan janji itu pun terjadi.

Selain itu, kisah lain juga cukup unik adalah ketika Khabib bertemu dengan Cristano Ronaldo, pada saat itu Ronaldo masih berseragam Real Madrid.

Dalam pertemuan setelah laga Madrid vs Real Sociedad, Khabib mendapatkan Jersey kemenangan bertanda tangan Ronaldo. Uniknya, dalam pertemuan singkat tersebut Ronaldo mengucapkan salam pada Khabib.

“Assalamualaikum,” ucap Ronaldo.

Sontak salam tersebut dijawab oleh seseorang di belakang kamera.

Video tersebut hingga kini sudah disaksikan oleh lebih dari 2,5 juta penonton sejak diunggah.