Majalahayah.com, Jakarta – Sebagai seorang istri tentunya Sobat Ayah ingin memiliki suami yang mampu menyelesaikan berbagai pekerjaan bersama, tak terkecuali dalam hal mengurus anak. Kemampuan pria saat menadi ayah ternyata bisa diketahui melalui sebuah tes.

Science Daily melaporkan bahwa para peneliti dari The Ohio State University menemukan cara untuk memprediksi bagaimana pria akan mengasuh bayi mereka sendiri bahkan sebelum mereka dilahirkan.

Tim peneliti merekam 182 calon ayah, saat ibu memasuki trimester ketiga kehamilan. Para pria tersebut diamati ketika berinteraksi dengan boneka yang seakan-akan bayi mereka sendiri.

Penelitian, yang diterbitkan dalam Journal of Family Psychology, menganalisis bagaimana para pria berinteraksi dengan bayi-bayi itu, termasuk kontak langsung, lalu bagaimana mereka berbicara dan tersenyum pada bayi. Termasuk bagaimana menunjukkan kepeduliannya.

Analisis

Para ayah tersebut kemudian dinilai sembilan bulan setelah bayi mereka lahir dan hasilnya dibandingkan dengan sebelumnya.

“Kami dapat mendeteksi kapasitas untuk mengasuh secara positif pada orang-orang ini bahkan sebelum mereka menjadi ayah,” kata pemimpin studi Lauren Altenburger, asisten profesor pengembangan manusia dan studi keluarga di Universitas Negeri Ohio.

Menurut analisis Altenburger, ayah-ayah yang dinilai memiliki keterampilan pengasuhan yang lebih intuitif dengan boneka, cenderung memiliki interaksi yang lebih positif dengan anak mereka.

“Hasil penelitian menunjukkan bahwa ayah yang mendapat nilai tertinggi juga memiliki dua sifat kepribadian, yaitu terbuka untuk pengalaman baru, dan berhati-hati (cermat dan rajin dengan tanggung jawab),” kata Altenburger.