Ilustrasi orang tua mengajari anak belajar. Sumber seidoo.com

Majalahayah.com – Peran Orang Tua dalam mendampingi anak belajar di rumah bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi pada anak Sekolah Dasar (SD). Hal ini dikarenakan Orang Tua juga memiliki tuntutan pekerjaan tersendiri, seperti mengerjakan pekerjaan rumah tangga atau pekerjaan yang memang sudah menjadi kewajibannya.

Wajar bila para Orang Tua merasa kesulitan mengajari anak, karena Orang Tua tidak memiliki pengalaman mengajar secara akademis sebelumnya. Nah, disinilah peran Orang Tua dan guru menjadi penting dalam mengajari anak. Guru sebagai perantara tidak hanya semata-mata memberi tugas kepada murid, tetapi juga berupaya menerangkan materi yang diberikan dan melakukan evaluasi terhadap anak didiknya sedangkan Orang Tua berperan untuk mendampingi anak untuk lebih memahami materi yang guru sampaikan kepada anak.

Pasalnya, belajar dari rumah terkadang membuat kejenuhan bagi anak-anak. Karena pada dasarnya anak-anak akan lebih senang ketika belajar sambil bermain dengan teman sebayanya. Maka dari itu, peran Orang Tua sangat penting dalam membangkitkan kembali semangat belajar meskipun dari rumah.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan:

1. Menggunakan Media Visualisasi

Anak-anak biasanya akan lebih memahami apa yang diajarkan dengan menggambarkan suatu objek oleh media visualisasi. Seperti, ketika mengajarkan anak mengenai hewan-hewan kecil yang ada disekitar kita, atau mengenali warna pada objek tertentu.

2. Menyiapkan Ruang Belajar yang Nyaman

Jika di rumah anda terdapat area kosong yang tidak terpakai, gunakanlan untuk membuat ruang belajar yang nyaman bagi anak. Sesuaikan selera ruang belajar dengan selera anak.

Jangan batasi kreativitas anak dengan ruang belajar yang kaku. Dengan ruang belajar yang nyaman dapat meningkatkan fokus anak saat belajar dan mengurangi stres karena tugas yang menumpuk.

3. Membuat To-Do-List

Mengajarkan anak membuat to-do-list atau agenda harian. Hal ini dapat mengajarkan anak untuk disiplin terhadap apa saja yang harus dilakukan. Anda bisa membuat agenda ini besama anak kemudian menghias agenda tersebut dengan gambar-gambar lucu sehingga anak akan lebih tertarik menyelesaikan tugasnya.

4. Tanyakan Cara Belajar yang Sesuai Dengan Anak

Setiap anak memiliki karakteristik dan pemahaman yang berbeda-beda. Lakukan pendekatan pada anak ketika belajar dengan seperti itu Anda jadi tahu metode apa yang anak Anda pahami ketika belajar. Metode belajar yang sesuai dapat meningkatkan semangat belajar pada anak dan menciptakan suasana belajar yang nyaman.