Majalahayah.com, Bekasi – Kepala Sekolah Dasar Negeri Samudrajaya 04, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Adi Siswanto mengatakan, pihaknya tidak sanggup untuk merapikan bangunan sekolah karena keterbatasan dana.

Berdasarkan pengamatan Majalah Ayah, beberapa ruangan kelas SD tersebut mengalami kerusakan parah. Selain lantai keramik terkelupas yang menyisakan tanah liat, atap sekolah tersebut juga jebol. Begitu juga dengan plafon, kondisinya sudah tidak beraturan.

“Kalau untuk rehab berat kita, emang enggak bisa karena enggak sanggup,” kata Adi kepada wartawan, Selasa (21/1/2020).

Padahal, pihaknya saat ini sangat membutuhkan empat ruangan dan dua kelas untuk proses belajar-mengajar. “Kami memang membutuhkan empat ruangan dan dua kelas, tapi ya mau bagaimana lagi,” kata dia.

Menurut dia, ada empat ruangan yang mengalami kerusakan yang cukup parah. Karena itu, pihaknya kerap memulangkan muridnya. Apalagi bila musim hujan seperti saat ini.

“Iya kami keluarkan kalau hujan angin karena kemarin itu juga ada genteng yang jatuh, kami instruksikan para guru supaya dikosongkan aja ruang kelas dari pada kena musibah,” kata dia.

Bila tidak hujan, pihaknya tetap melakukan proses ngajar mengajar. “Kalau hujan aja enggak angin tetap kondisi biasa aja,” kata dia.

Sedangkan wali murid SD Samudrajaya 04, Sinol mengatakan SD Negeri Samudrajaya 04 kondisinya rusak parah sudah 10 tahun lebih.

“Sudah lama itu, ada kali 10 tahunan lebih. Belum juga diperbaiki,” kata dia.

Kondisi kerusakannya semakin bertambah parah sebab wilayah tersebut terus diguyur hujan lebat. “Ini kan lagi musim hujan, hujannya kan deras ditambah anginnya disini kencang banget karena dekat sawah,” kata dia.

Dia mengatakan, selama ini murid tidak nyaman dalam belajar. Terutama dibagian atap, mereka terkadang khawatir tertimpa atap sekolah. 

“Kan pada bocor tuh, ya kadang siswa pada keluar kelas bubar belajarnya takut ketimpa genteng,” ujar dia.

Dia berharap agar sekolah segera diperbaiki. Sehingga para siswa dapat belajar dengan nyaman dan aman. 

“Harus segera diperbaiki nih tong, kasian kita mah belajarnya jadi pada keganggu,” kata dia.

Sebelumnya viral sebuah video murid Sekolah Dasar (SD) Negeri Samudrajaya 04, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi meminta agar sekolah mereka yang rusak parah segera diperbaiki.

Sejumlah wartawan mencoba mendatangi ke lokasi sekolah tersebut, pada Minggu 19 Januari 2020. SD Negeri Samudrajaya 04 memang terbilang berada di ujung wilayah Kabupaten Bekasi.

Begitu di lokasi, pemandangan tak sedap pun tersajikan. Pasalanya, sekolah tersebut seperti dua bangunan yang tak terurus. Jendela yang jebol dan plafon yang lepas membuat siswa was was ketika kegiatan belajar mengajar.