Kenal Lebih dalam Masa Kecil Khabib Nurmagomedov

Kenal Lebih dalam Masa Kecil Khabib Nurmagomedov

166
SHARE

Majalahayah.com, Jakarta – Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov sedang menjadi pembicaraan dunia maya. Ia menyerang kubu Conor McGregor usai meraih kemenangan atas petarung asal Republik Irlandia itu melalui submission (cekikan leher) di ronde keempat di Las Vegas, akhir pekan ini.

Khabib adalah seorang Rusia yang berprofesi sebagai seniman bela diri campuran dari etnis Avar yang saat ini Juara UFC kelas Ringan. Nurmagomedov juga dua kali Juara Dunia Combat Sambo dan memegang sabuk hitam dalam Judo.

Dia saat ini memegang rekor tak terkalahkan beruntun dalam sejarah MMA, dengan 27 kemenangan, dan merupakan yang orang rusia pertama dan orang Muslim pertama yang memenangkan gelar UFC.

Khabib lahir pada tanggal 20 September 1988 di desa Sildi di Kabupaten Tsumadinsky di Dagestan, Rusia, sebelum pindah ke ibukota negara Makhachkala di masa kecilnya, dan kemudian beranjak remaja ke Kiev, Ukraina, di mana ia berlatih Dobro. Dia adalah anak kedua dari tiga bersaudara, kakaknya bernama Magomed dan adik perempuannya bernama Amina.

Dikutip dari wikipedia, keluarga ayahnya telah pindah dari Sildi, Kabupaten Tsumadinsky ke Kirovaul, di mana sang ayah mengubah lantai dasar dari rumah dua lantainya menjadi ruang olahraga. Nurmagomedov dibesarkan dalam rumah tangga dengan saudara dan sepupunya. Minatnya dalam seni bela diri dimulai ketika menonton siswa pelatihan di ruang olahraga.

Baca juga :   Presiden Buruh dan Prabowo Serukan Buruh Tidak Netral Tapi Berpihak Pada Keadilan

Seperti yang umum dengan banyak anak-anak di Dagestan, ia mulai gulat sejak usia dini. Ia mulai bergulat pada usia enam tahun di bawah asuhan ayahnya Abdulmanap Nurmagomedov. Ayahnya memang seorang atlet dan veteran dari tentara yang berjasa. Ayahnya juga telah bergulat sejak usia dini, sebelum menjalani pelatihan di judo dan sambo di militer.

Pada tahun 2001, keluarganya pindah ke Machachkala, di mana ia dilatih di gulat di usia 12 tahun, dan Judo dari usia 15 tahun. Dia mulai pelatihan di combat sambo lagi di 17 di bawah ayahnya. Menurut Nurmagomedov, transisi dari gulat ke judo itu sulit, tetapi ayahnya ingin dia untuk mendapatkan digunakan untuk bersaing di gi jaket.

Abdulmanap saat ini pelatih senior untuk sambo tempur tim nasional di Republik Dagestan, melatih beberapa atlet sambo dan gulat di Makhachkala, Rusia. Nurmagomedov sering ikut dalam perkelahian jalanan di masa mudanya, sebelum memfokuskan perhatiannya pada seni bela diri campuran.

Baca juga :   1,259 Jiwa Masyarakat Gunung Agung Mengungsi, Jumlah Terus Bertambah

Nurmagomedov menikah pada bulan Juni 2013. Ia memiliki seorang putri dan seorang putra.  Dia adalah penggemar klub sepakbola Anzhi Makhachkala dan Real Madrid serta tim nasional rusia.

Dia juga telah dilatih dengan SC Bazarganova di Kizilyurt,  Mamishev Fight Team di Saint Petersburg (2012), Fight Spirit Team di Kolpino, St. Petersburg (2013), dan Tim KHK MMA di Bahrain (2015). Pada tahun 2016, ia mendirikan tim sendiri, “Eagles MMA Team “, dengan Ziyavudin Magomedov. Petarung Lainnya di Eagles MMA Team termasuk Ali Bagautinov, Vitaly Minakov, Islam Makhachev, Vladimir Mineev, Sergey Pavlovich, Akhmed Aliev, dan Mikhail Mokhnatkin.

Ia merupakan penganut Muslim Sunni yang taat, penampilan Nurmagomedov di game EA Sports UFC 2 menimbulkan kontroversi, karena karakternya melakukan selebrasi dengan membuat tanda salib Ortodoks pada setiap kemenangan. EA meminta maaf dan mengatakan bahwa mereka akan memperbaiki kesalahan ini.