Majalahayah.com, Jakarta – Beberapa tahun lalu persalinan  Lely Solihati (34), sempat menyita perhatian publik. Bagaimana tidak, dalam perutnya terdapat janin kembar, bukan dua tapi lima bayi laki-laki.

Demi keselamatan ibu dan bayi, persalinan caesar pun dijalani Lely di RSAB Harapan Kita, Jakarta. Kelima bayinya lahir prematur dan sempat menjalani perawatan di inkubator.

Kini, kelima bayi tersebut sudah tumbuh dengan sehat. Mereka dikenal dengan nama AIUEO, yaitu Abbid Muhammad  Akbar, Izzul Syaefuddin Al Akbar, Uqkail Fahul Akbar, Ezra Khayru Akbar dan Oxy Abhitya Akbar.

Lely dan sang suami, Habibie Akbar sangat kompak membesarkan AIUEO. Menurut mereka, memiliki anak kembar 5 ditambah satu perempuan, yang artinya 6 anak, harus memiliki kesabaran ekstra.

“Yang pertama intinya harus sabar. Sabar menghadapi situasi seperti ini. Karena kadang kita suka emosional,” ujar Lely dikutip dari Health Liputan6, Jumat (09/11/2018).

Selain itu, disiplin juga menjadi cara Lely dan Habibie dalam mengurus anak-anaknya. Hal tersebut dilakukan agar semuanya menjadi lebih teratur.

“Mengajari anak disiplin. Ajari juga anak ketika melakukan kesalahan harus minta maaf, terutama sama saudaranya,” tambah Habibie saat mereka bertandang ke kantor Kapanlagi Youniverse, Gondangdia, Jakarta.

Satu hal yang pasti, ketika memiliki anak kembar atau lebih dari tiga yang dibutuhkan adalah kerja keras. Habibie mengatakan, punya anak satu saja sudah memiliki kesulitannya tersendiri, apalagi memiliki anak kembar lima.

“Jadi harus selalu kerja keras, tapi tidak lupa waktu untuk mengurus anak,” kata Habibie.