Kehadiran Kami, Majalahayah.com

Kehadiran Kami, Majalahayah.com

634
SHARE
Foto: http://www.diys.com/

Majalahayah.com – Bekasi. Beragam penyakit sosial dimasyarakat telah bermunculan dan menjangkiti hampir seluruh lapisan masyarakat bangsa Indonesia. Praktis hampir seluruh media yang ada, baik cetak ataupun online selalu diramaikan dengan berita-berita mengenai perilaku penyakit sosial dimasyarakat. LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender), narkoba, prostitusi, seks bebas, kriminal, begal, premanisme, korupsi, miras dan turunan penyakit sosial lainnya menjadi hiasan pada setiap berita harian yang kita konsumsi.

Tidak pernah berhenti, selesai satu berita tentang fakta penyakit sosial yang terungkap, maka pada edisi berikutnya akan muncul lagi berita dengan kasus yang sama, walau kadang dengan model berbeda. Semua penyakit ini silih berganti mengisi kolom-kolom headline yang tersedia. Pemerintah pun seakan kehabisan akal guna mengatasi ‘buah-buah’ dari hasil panen yang tidak diharapkan berbentuk seperti ini. BNN, Bareskrim, KPK, dan seluruh alat pemerintah yang dibentuk, berusaha ‘mati-matian’ untuk menindak para pelaku ataupun merehabilitasi para korban dari penyakit ini.

Miris bagi kami melihat tumbuh kembangnya penyakit ini. Namun sayangnya, pada tatanan substansi, belum terlihat solusi yang komprehensif dan konstruktif. Institusi permanen ataupun lembaga adhoc telah dibangun guna mengantisipasi berkembangnya penyakit ini, tetapi seakan telah menjadi kanker yang menggerogoti seluruh sendi bangsa dan masyarakat secara perlahan dan penuh kepastian, penyakit ini berkembang tanpa bisa dihentikan.

Baik kalangan masyarakat kecil, menengah, dan atas sekalipun serta dari berbagai profesi mulai dari pengusaha, artis, dan anggota dewan. Bahkan kalangan aparat negara tidak ada yang imun dengan penyakit ini. Hukuman mati belumlah mampu membuat penyebaran salah satu penyakit ini terhenti (narkoba).

Majalahayah.com hadir atas dasar kepedulian terhadap berbagai ‘buah’ dalam bentuk penyakit sosial di atas. Dengan tim yang dibangun dari berbagai disiplin ilmu, disertai riset yang mendalam atas upaya-upaya yang insya Alloh bisa dijadikan referensi bagi kita semua guna menghindari dan memperkecil dampak atas penyebaran virus penyakit sosial tersebut diatas. Kami berkomitmen untuk secara maksimal berperan serta memerangi penyakit sosial tersebut.

Salah satu akar permasalahan yang paling mendasar adalah hilangnya fungsi dan peran ‘ayah’ sebagai tauladan kepemimpinan dalam keluarga. Hampir dipastikan bahwa degredasi fungsi dan peran tersebut telah berevolusi menjadikan seorang ayah hanyalah sebagai ‘ATM (Automatic Teller machine)’ bagi keluarga.

Baca juga :   Tahun Depan Patung Lilin Presiden Jokowi Akan Hadir Di Museum Madame Tussauds

Terlihat sederhana akar permasalahannya, akan tetapi dampak atas hilangnya fungsi dan peran tersebut tidaklah sederhana. Tidak adanya nilai-nilai yang ditanam, tidak adanya pemahaman yang diberikan dan tidak hadirnya kasih sayang yang memadai, inilah sumber petaka penyakit sosial. Anak-anak dalam keluarga yang tumbuh hanya berdasar nilai-nilai yang dikonsumsi dari arus informasi yang tidak bertanggung jawab telah menghasilkan pribadi-pribadi yang rapuh, rentan terhadap pengaruh negatif, serta lari dari kenyataan-kenyataan yang seharusnya dihadapi dengan nilai-nilai hakiki yang tertanam.

Sudah selayaknya seorang ayah berfungsi sebagai pemimpin, yang memberikan arah, mengapresiasi prestasi, serta menanam nilai-nilai hakiki kehidupan sebagai bekal bagi para anggota keluarganya. Namun sangat disayangkan, fungsi ini seringkali tidak hadir. Akibatnya, anak ditumbuhkembangkan tanpa nilai, keluargapun ditumbuhkembangkan tanpa nilai, maka terbentuklah masyarakat yang tidak memiliki nilai. Inilah kerapuhan yang terjadi, yang dengan mudahnya diinfiltrasi oleh berbagai penyakit sosial.

Majalahayah.com berusaha mengembalikan fungsi dan peran vital dari seorang ayah, yaitu sebagai pengajar, pendidik sekaligus pembina. Mustahil peran ini dapat dilakukan tanpa keilmuan yang memadai. Sebagai seorang pemimpin keluarga tentunya menjadi wajib bagi kita semua untuk memahami ilmu kepemimpinan. Keengganan dalam memahami dan mengamalkan ilmu ini akan berakibat fatal bagi kita semua.

Kami bukanlah pemilik keahlian dalam ilmu kepemimpinan, akan tetapi melalui media ini, kami akan selalu berusaha mengingatkan para pemimpin keluarga untuk selalu waspada dan terus menerus mencari ilmu dalam upaya memenuhi tanggung jawab kepemimpinan yang melekat pada diri seorang ayah.

Sekali lagi bukan hanya materi yang dibutuhkan oleh keluarga kita, akan tetapi yang lebih utama dari itu adalah nilai-nilai yang benar, yang bersumber dari kebenaran yang hakiki, itulah yang wajib kita tanam, baik dalam diri kita sendiri ataupun dalam diri para anggota keluarga. Nilai yang tertanam kuat inilah, atas izin Allah SWT, diharapkan mampu untuk mengakar kuat, menumbuhkan batangnya, dan selanjutnya menghasilkan buah yang menyenangkan para penanamnya.

Baca juga :   Pergolakan Sejarah Perseteruan kebenaran dan Kebathilan Sepanjang Zaman (Bagian 3/3)

Media ini menyediakan kabar berita harian yang sudah selayaknya dikonsumsi oleh para pemimpin keluarga. Selain itu, kolom fokus berita bulanan yang berisi mengenai tematik problematika yang muncul dimasyarakat, disertai analisa sebab akibat atas problematika tersebut dan tentunya termasuk bagaimana kiat-kiat para pemimpin keluarga untuk mampu menjaga para anggota keluarganya dari pengaruh yang negatif ataupun kontraproduktif.

Terdapat pula kolom tokoh masyarakat, dimana mudah-mudahan kita semua dimampukan untuk mendapatkan inspirasi atas bagaimana para tokoh ini, dididik dan ditumbuhkembangkan. Rekam jejak atas prestasi mereka semoga mampu membakar motivasi kita semua.

Hiburan dan teknologi pun kami munculkan sebagai bentuk pelayanan kami kepada anda semua dalam upaya memberikan yang terbaik bagi para anggota keluarga pembaca majalahayah.com. Tempat-tempat hiburan yang menarik untuk disambangi bersama keluarga beserta paket-paketnya, restoran-restoran yang menyediakan fasilitas bagi keluarga, termasuk tempat-tempat romantis yang tepat bagi anda dalam rangka memperkuat romantisme dengan istri tercinta. Semua kebutuhan anda dalam upaya membangun keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah akan selalu kami upayakan melalui media ini, insya Alloh.

Tentunya kita semua menginginkan bangsa ini tumbuh untuk menjadi bangsa yang kuat, bukan bangsa yang lemah. Bangsa yang kuat dibangun dari keluarga yang kuat, dan keluarga yang kuat terbentuk dari kepemimpinan yang kuat. Tiada kekuatan dalam kepemimpinan melainkan bersumber dari tertanamnya nilai-nilai hakiki dan mengakar.

Kamipun memberikan ruang bagi anda yang ingin berpartisipasi dalam menyuarakan kepedulian bagi kemajuan bangsa Indonesia yang kita cintai ini. Silahkan anda kirimkan ide-ide ataupun solusi dalam bentuk tulisan, atas berbagai dinamika permasalahan yang kita semua alami, dan ditujukan kepada: redaksi@majalahayah.com. Untuk kemudian akan kami tayangkan pada kolom, situasi dan kondisi yang tepat, dan tentunya tidak keluar dari rambu-rambu aturan dan etika jurnalisme.

Jauh panggang dari pada api, jauh pula upaya ini daripada kesempurnaan, dengan segenap kerendahan hati kami membuka diri untuk diberikan masukan yang konstruktif serta kritik yang membangun.

Teguh S Sungkono
Pemimpin Redaksi Majalahayah.com