Kehadiran Adik Buat Kakak Cemburu? Berikut Tipsnya

Kehadiran Adik Buat Kakak Cemburu? Berikut Tipsnya

54
SHARE

Majalahayah.com, Jakarta – Menyiapkan mental si kakak memang penting saat orangtua berencana memiliki anak kedua. Hal tersebut dikarenakan kakak harus berbagai kebahagian ayah dan bundanya.

Hadirnya rasa cemburu adalah hal yang wajar, memang tidak mudah menghilangkan rasa tersebut. Tapi bukan berarti kita sebagai orangtua mengabaikan si kakak, namun tetap berusaha si kakak mampu menghadapi situasi baru di dalam kehidupannya.

Bagaimana agar si kakak dapat menerima kehadiran sang adik dengan rasa bahagia? Berikut tipsnya 

Baca juga :   Hasil Survei Kekerasan Seksual, Kemensos: Trendnya Semakin Meningkat

1. Mengenalkan adik bayi sejak dalam kandungan

Cara ini adalah cara paling utama agar sang kakak tidak terlalu kaget akan kehadiran adiknya bahkan dia akan mulai belajar menyayangi adiknya sedari adiknya masih di dalam kandungan. Ajak si kakak saat memeriksakan kandungan, beri hadiah saat adiknya lahir dan ucapkan selamat karena sudah menjadi kakak. Dengan begitu ia bangga dengan predikat barunya menjadi seorang ‘kakak’.

2. Mengajak kakak ikut mengasuh adiknya

Baca juga :   Mencontoh Denmark, Ini Cara Memuji Anak Agar Tetap Berproses

Mencoba mengajak kakaknya dalam mengasuh adiknya menjadi cara yang sangat ampuh. Kakak akan sedikit demi sedikit mulai memahami kebutuhan sang adik. Misalnya, ikut melihat dan membantu menggantikan popoknya, ikut melihat saat adiknya dimandikan, juga bisa dengan meminta tolong kakaknya membawakan baju adiknya atau popoknya saat digantikan.

3. Bermain bersama

Momen bermain bersama adiknya akan membentuk ikata antara kakak dan adik bahkan semakin hari kakaknya akan terbangun rasa inisatif untuk menyayangi adiknya dengan mengajaknya bermain.