Majalahayah.com, Jakarta – Ditengah pandemi covid-19, masyarakat dihebohkan dengan viralnya video di media sosial yang menggambarkan pusat perbelanjaan yang padat dan sesak.

Menanggapi hal tersebut Kartika Putri menangis melihat pusat perbelanjaan yang ramai jelang Lebaran. Parkiran-parkiran mal penuh oleh mereka yang beli baju Lebaran.

Istri Habib Usman bin Yahya miris melihat banyak yang rela keluar rumah hanya demi membeli baju Lebaran. Mengabaikan pembatasan sosial berskala besar, banyak warga di beberapa daerah di Indonesia rela berjubel di pasar dan pusat perbelanjaan.

“Saya lihat berita banyak sekali yang keluar rumah, mall semua penuh, parkiran meluber di mana pun. Pikirkan apakah kalian mau jika kalian kalian nanti naudzubillah min dzalik terkena virus Corona lalu ditolak di berbagai tempat? Pasti kalian tidak akan terima,” ucapnya dalam IGTV, Selasa (19/5/2020).

“Nah, jadi sebelum itu semua terjadi, saya hanya mengajak lagi dan lagi untuk semuanya, gunakan akal sehat kalian, hati nurani kalian, jika kalian ingin tetap merayakan Idul Fitri semua umat muslim juga ingin merayakan,” tambahnya.

Kartika meminta semua warga Indonesia untuk mengingat perjuangan para tim medis. Jangankan pakaian baru, tim medis juga tidak mudik dan tak bisa berkumpul dengan keluarga.

“Tapi rayakan dan bergembiralah dengan niatan Allah SWT menerima amal ibadah. Nggak mengurangi rasa gembira dengan tidak pakai pakaian baru, kalian pikirkan lagi tim medis yang pakai APD di hari raya,” ucapnya.

“Kalau kalian mudik tim kesehatan nggak bisa mudik bersama keluarga, mereka harus merawat orang lain yang tidak mereka kenal agar kembali pulih. Padahal itu juga mengancam nyawa mereka sendiri. Saya ingin mengetuk hati nurani kalian untuk tetap diam di rumah agar kita cepat menyelesaikan masalah dan menuntaskan virus ini, dan tidak mementingkan duniawi kalian dan membahayakan nyawa pahlawan sesungguhnya,” pinta Kartika Putri.

Lebaran dikatakan Kartika bukan perkara pakaian baru, tapi hidup yang baru sebagai manusia yang peduli dengan sesama. jangan jadi manusia yang egois dan hanya mementingkan keinginan pribadi.

“Mudah-mudahan kita tidak melakukan hal ceroboh yang bisa membahayakan keluarga kita dengan tidak bepergian atau membuat keramaian. Tujuan saya buat video ini hanya untuk mengajak kita semua peduli dengan sesama juga,” ungkap Kartika Putri.