Joko Widodo. (Foto: Twitter)

Majalahayah.com, Bogor – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tidak melupakan musik-musik Nusantara. Ia menilai musik tanah air seperti keroncong dan dangdut, tidak kalah dari K-pop.

“Kita boleh lihat K-pop, tapi kita punya yang lebih bagus, keroncong, dangdut, di Ambon bagus-bagus,” ujar Jokowi saat menerima siswa SMA Taruna Nusantara di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (4/3/2019).

Dirinya pun meminta agar generasi muda jangan terlalu senang dengan musik asing. Namun, ia tidak melarang mereka untuk mendengar.

“Enggak perlu kita senang dengan budaya asing. Ya kalau mau nonton silakan, mau liat silahkan buat pembanding, komparasi,” terangnya.

Kepala Negara menyatakan hal ini cukup penting agar generasi selanjutnya masih merawat tradisi lokal. Jangan sampai tambahnya, budaya tersebut hilang dari karakter bangsa.

“Pendidikan seperti ini memang ditumbuhkan dari usia dini, agar karakter itu enggak hilang dari Indonesia,” papar Jokowi.

Jokowi pun menyakini budaya Indonesia mampu menahan pengaruh asing. Karena adanya budaya Pancasila.

“Saya yakin kita memiliki kekuatan yang baik, dengan ideologi Pancasila maka sangat sulit ditembus budaya luar,” ujarnya.