Home Indepth JJ Rizal : Bung Karno Tidak Pernah Bayangkan Ibu Kota Pindah ke...

JJ Rizal : Bung Karno Tidak Pernah Bayangkan Ibu Kota Pindah ke Kalimantan

208

Majalahayah.com, Jakarta – Wacana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan, ternyata cukup menyita perhatian masyarakat dan pengamat. Satu diantara mereka yang tertarik dalam pembahasan mengenai wacana tersebut adalah Sejarawan JJ Rizal.

Ia mengatakan bahwa pada masa lalu saat Presiden pertama Indonesia Soekarno masih memerintah, wacana pemindahan ibukota memang sudah muncul.

Namun karena Jakarta merupakan kota yang memiliki nilai sejarah dan filosofi negara. Proses pemindahan ibu kota tersebut hanya sekedar wacana.

“Bung Karno tidak pernah membayangkan memindahkan ibu kota ke Kalimantan,” ujar Rizal, dalam acara yang digelar di Rujak Center for Urban Studies, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2019) sore.

“Buat bung Karno, Ibu kota itu syarat nya karena Indonesia lahir dari Anti tesis dari kolonialisme jadi dia mencari secara simbolis kota yg mewujudkan nasionalisme dan kota itu Jakarta. Soal peristiwa 1908, 19228, 1945,  semua kan di Jakarta,” sambungnya.

Karena itu Soekarno, jelas Rizal menginginkan Jakarta menjadi kota megapolitan. Hal ini yang terjadi di akhir masa kepemimpinannya.

“Tahun 1966 di masa senjanya, Soekarno mengatakan Jakarta sebagai wajah muka Indonesia yang punya wilayah megapolitan yang besar,” ujar Rizal.

Karena itu, Bung Karno lebih memilih untuk meninggalkan wacana tersebut pada masa akhir kepemimpinannya sebagai Presiden.

“Ide Bung Karno di akhir pemerintahannya, sudah lagi tidak memikirkan pemindahan ibukota,” jelas Rizal.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menyambangi sejumlah daerah di Kalimantan pada hari ini, Rabu (8/5/2019).

Dalam kunjungan itu, ia meninjau kawasan mana yang cocok menjadi pengganti Jakarta sebagai ibukota Indonesia.

Palangkaraya pun menjadi salah satu dari sejumlah daerah yang ditinjau Jokowi.