Ilustrasi: Jet Tempur Rusia Sukhoi Sedang Menjatuhkan Bom Terhadap Pemberontak Suriah, sumber: wikipedia.org

Majalahayah.com, Kuta – TNI Angkatan Udara (AU) kini tengah melakukan persiapan pengamanan wilayah udara Indonesia dalam menyambut kedatangan pemimpin Arab Saudi, Raja Salman Bin Abdul Aziz Al-Saud. Seperti yang dilakukan Pangkalan Angkatan Udara Ngurah  Rai, Kuta, lantaran Raja Salman dijadwalkan bakal berlibur ke Bali pada 4-9 Maret mendatang.

“Di udara sudah diawasi, untuk pesawat tempur belum ada perintah, tetapi sudah direncanakan,” tutur Komandan Pangkalan AU Ngurah Rai, Kolonel Pnb Wayan Superman di Base Ops TNI AU Ngurah Rai, Kuta, dikutip dari Tempo.co, Senin (27/2/2017).

Wayan juga mengatakan bahwa jet-jet tempur TNI AU sudah disiagakan di Madiun dan Ujung Pandang (Makassar). Meski belum diberikan perintah resmi dari Mabes TNI-AU, namun pihaknya tinggal menunggu instruksi.

“Kami tinggal menunggu instruksi pimpinan kami. Lanud Ngurah Rai tidak bisa menggerakkan pesawat itu,” ujarnya.

Sebelumnya pada 25 Februari 2017, gabungan personil yang terdiri dari Kepolisian, Paspampres, dan TNI juga sudah melakukan gladi resik menyambut kedatangan Raja Salman di Istana Bogor. Pertemuan bersejarah ini sedianya akan membahas perihal hubungan bilateral kedua negara dan kerjasama berbagai sektor.