Majalahayah.com, Jakarta – Pneumonia Wuhan menjadi perhatian dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan seluruh negara di Asia agar waspada terhadap pneumonia misterius itu, khususnya jelang perayaan Tahun Baru Imlek.

Pneumonia Wuhan berasal dari penularan virus korona, yang ditemukan akhir tahun lalu di sebuah pasar ikan di Wuhan. WHO menyebutkan, virus itu meluas dengan cepat dan lebih banyak penderita. Kemungkinan akan dilaporkan dari berbagai bagian China dan negara lain dalam hari-hari mendatang.

Juru Bicara WHO Tarek Jasarevic menegaskan, kekhawatirannya adalah pneumonia Wuhan bisa membuat sakit banyak orang. Khususnya dalam masa liburan tahun baru ini, ketika jutaan warga China bepergian di dalam dan luar negeri, untuk merayakan Tahun Baru Imlek bersama keluarga.

“Berdasarkan informasi yang ada, sumber penyakit itu kemungkinan berasal dari hewan. Penyebaran dari manusia ke manusia tampaknya masih terbatas,” kata Jasarevic, dikutip Majalahayah dari VOA.

Sejumlah bandara di seluruh dunia pun telah mengadakan pemeriksaan atas pengunjung yang mungkin terkena penyakit itu. Tapi, melihat risiko yang ada saat ini, belum diperlukan pembatasan perjalanan atau perdagangan yang ketat.

“Berdasarkan pengalaman tentang penyakit radang pernapasan, khususnya perebakan yang disebabkan virus korona sebelum ini, dan data yang kami miliki, telah terjadi perebakan dari manusia ke manusia,” pungkasnya.