Home Parenting Jangan Ragu ! Ayo Asah Daya Eksplorasi si Kecil dengan Kata ‘Iya...

Jangan Ragu ! Ayo Asah Daya Eksplorasi si Kecil dengan Kata ‘Iya Boleh’

168

Majalahayah.com, Jakarta – Anak menjadi pribadi yang unggul memang menjadi dambaan setiap orangtua. Selain dengan asupan bergizi, ucapan orangtua pun mampu mengubah karakter anak. Hal tersebut disampaikan Ratih Ibrahim, Psikolog Klinis.

“[iya boleh] itu kata sederhana yang mampu mengasah daya eksplorasi anak. Jika anak mampu bereksplorasi kedepannya anak akan menjadi pribadi yang berani dan percaya diri,” ujar Ratih Ibrahim saat Konferensi Pers dalam acara ‘Iya Boleh’ Dukung si Kecil Kembangkan Lima Karakter Anak Unggul Indonesia di Ayana MidPlaza Hotel, Jakarta Pusat (7/2/2019).

Kata ‘Iya Boleh’ pun tak sembarang untuk diucapkan, menurut Ratih harus disesuaikan dengan usia anak. Ia katakan jika anak usia 1 tahun, saat si kecil ingin bereksplorasi katakan ‘Iya Boleh’ tapi hati-hati ya. 

“Kata [Iya Boleh] pun bukan berarti tidak peduli, kita sebagai orangtua tetap memantau si kecil,” imbuhnya.

Jika anak masih dalam usia golden age, Ratih sarankan agar orangtua tidak perlu ucapkan kata jangan/larangan.

“Kita tidak menjual/mempublikasikan kata jangan. Karena kita sudah banyak pakai kata jangan. Jadi kita pakailah kata [Iya Boleh],” jelasnya.

Namun, lain halnya jika anak ingin melakukan tindakan yang membahayakan. Ratih terangkan bahwa dalam kondisi darurat orangtua perlu katakan kata ‘Jangan’.

“Misalnya menyentuh stop kontak listrik. Masa mau kita bilang iya boleh? kalau mau bantu memotong boleh. Tapi ganti dulu pisaunya dengan yang lebih kecil dan bahan yang mudah di potong,” tukasnya.