Majalahayah.com, Jakarta – Rumah dipenuhi mainan si kecil memang sangat menyebalkan ya bun. Rumah yang awalnya sudah rapih untuk menyambut suami tercinta, ternyata harus menerima kenyataan si kecil masih ingin bermain dengan mainannya.

Biasanya, mayoritas para orangtua terkhusus ibu, pasti ingin membentuk anak agar disiplin sehabis main lalu dirapikan agar membangun anak menjadi karakter yang bertanggung jawab.

Hal tersebut memang tindakan itu tak salah. Namun yang perlu diketahui, dibikin kondisi mainan yang super berantakan ternyata menyimpan efek positif yang mungkin belum kalian ketahui. Yuk kita cari tahu, diantaranya :

1. Kepekaan Panca Indera

Kelima indera anak akan distimulasi jadi lebih peka saat main berantakan dan kotor-kotoran. Meningkatkan kemampuan anak untuk menyentuh, merasa, mencium bau, hingga mengobservasi hal-hal di sekeliling mereka.

2. Memancing Rasa Ingin Tahu

Saat mereka bermain dalam kondisi yang berantakan atau kotor, ternyata dapat meningkatkan rasa ingin tahu anak. Hal ini pun bisa membantu mereka untuk terpacu menambah wawasan dan ilmu baru yang penting untuk tumbuh kembang mereka.

3. Kemampuan Motorik

Selain anggota badan anak bisa dirangsang bergerak aktif saat main berantakan, kemampuan motorik anak pun bisa meningkat secara signifikan.

4. Koordinasi Mata dan Tangan

Selain itu, kemampuan spasial anak pun bisa meningkat. Hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan koordinasi tangan dan mata mereka.

5. Mengasah Kreativitas

Selain bermain, anak juga sekaligus belajar dan meningkatkan daya kreativitasnya. Ketika si kecil bersenang-senang dan mengeksplorasi hal-hal di sekitarnya, mereka juga dirangsang untuk melakukan dan menciptakan hal-hal baru dengan kreasi mereka sendiri. Namun, anak perlu didampingi dan diarahkan agar bisa bermain secara kreatif.