Ali Akbar Velayati (Foto: The Iran Project)

Majalahayah.com, Ali Akbar Velayati, penasehat kebijakan luar negeri senior pimpinan tertinggi Iran memuji langkah tentara Irak merebut Kirkuk. Velayati mengapresiasinya lantaran Irak berhasil membingkai serang tersebut sebagai pukulan bagi ambisi strategi Israel.

“Dengan kekalahan orang Kurdi di Kirkuk, konspirasi Barzani terhadap keamanan wilayah tersebut digagalkan,” kata Velayati sambil mejelaskan tujuan Barzani yang merebut ladang minyak untuk melayani kepentingan Israel.

Penasehat tersebut menambahkan, “Di wilayah Kurdistan, mereka menaikkan bendera Israel dan ini berarti jika Kurdi mendapatkan kemerdekaan di Irak, kita akan berbagi perbatasan dengan Israel,” katanya, dilansir dari The Guardian menurut berita Tasnim yang berafiliasi dengan IRGC.

Najmladin Karim, Gubernur Kirkut mengatakan kepada David Philips, pejabat Departemen Luar Negeri sebelumnya bahwa dirinya tengah bersembunyi saat serangan tersebut belangsung.

“Ini adalah serangan milisi Syiah di bawah komandan Iran,” ujar Philips, yang sekarang menjadi direktur program Columbia University tentang pembangunan perdamaian dan hak. Ia menambahkan bahwa PMU adalah konstruksi sepenuhnya Iran, dan operasi ini, lanjutnya, adalah operasi yang menyangkut Iran melawan Kurdistan.