Home Teknologi Instagram Stories akan Beri Notifikasi Jika Discreenshoot

Instagram Stories akan Beri Notifikasi Jika Discreenshoot

150
instagram. foto : socialemediaburo

Majalahayah.com, Jakarta – Video maupun gambar yang diupload melalui fitur Instagram Stories dimaksudkan untuk up to date dan otomatis akan menghilang setelah 24 jam. Namun selama ini, foto/video Stories bisa “diambil” oleh orang lain lewat metode screenshot atau screen recording tanpa ketahuan.

Namun, Instagram bakal memberikan notifikasi apabila ada orang lain yang mengambil screenshot atau screen recording dari konten Stories.

Hal sebaliknya juga berlaku. Jika pengguna mengambil screenshotStories seseorang, maka orang yang bersangkutan akan diberikan notifikasi dan bisa melihat identitas sang pengambil screenshot.

Sejumlah pengguna Instagram melaporkan bahwa mereka mulai menerima notifikasi screenshot Stories di Instagram. Bentuknya berupa tanda bintang di samping nama akun di dalam Story Views (seen by) konten Stories yang bersangkutan.

Saat ingin mengambil screenshot orang lain untuk pertama kalinya, Instagram tak akan mengirimkan notifikasi ke pengunggah Stories.

Namun, aplikasi bakal memberi peringatan bahwa notifikasi akan diberikan mulai screenshotberikutnya. Notifikasi screenshot Stories ini agaknya sedang digulirkan secara bertahap karena baru segelintir pengguna yang mengaku  sudah mulai menemukannya di akun masing-masing.

Dengan memberikan notifikasi, pengguna Instagram pun bisa mengetahui siapa saja yang diam-diam suka mengambil screenshotatau screen recording dari Stories yang diunggah. Lantas, adakah cara agar Instagram tak memberikan notifikasi ke pengunggah Stories? Terrnyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Dilansir dari The Next Web, Pertama, apabila pengguna mengaktifkan Airplane Mode (untuk memutus koneksi internet) saat melakukan screenshot, maka Instargam tidak akan memberikan notifikasi ke orang yang  unggahan Stories-nya diambil.

Kedua, bisa juga melihat Stories dengan mengunjungi situs desktop Instagram lewat browser komputer, login, lalu melakukan screenshotdari sana.

Pengguna bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk melakukan hal serupa seperti Story Reposter untuk pengguna iPhone, dan StorySaver di platform Android.

Tentu, ada pula opsi lain yang pasti aman, yakni dengan tidak mengambil screenshot atau screen recording Stories orang lain, supaya Instagram tak memberikan notifikasi.