Home Inspiratif Ini Tips Bahagia Ustad Abdul Somad

Ini Tips Bahagia Ustad Abdul Somad

28

Majalahayah.com, Jakarta – Sebagai manusia kita selalu berharap hidup bahagia. Namun bahagia tak datang dengan sendirinya.

Rasa bahagia harus diciptakan dari dalam diri kita sendiri. Kebahagiaan ini dapat menyebarkan hal yang positif kepada diri kita dan juga orang lain.

Didalam Islam, kebahagiaan adalah suatu ahklak yang mulia di mana hal ini juga diajarkan Rasulullah SAW kepada umatnya.

Kita belajar dari Alquran bahwa Allah memberikan hidup ini sebagai kebahagiaan yang sementara. Sebab keberhasilan dan kebahagiaan yang sejatinya adalah ketika diampuni di akhirat dan dibukakan pintu surga.

Menurut Ustad Abdul Somad yang dilansir dari akun Instagram @kajian_ust_abdul_somad pada Kamis (15/08), letak kebahagiaan seseorang terletak pada bagaimana mereka bisa bersyukur atas nikmat yang didapatnya.

Ia mengatakan, sesungguhnya manusia sudah mendapatkan kebahagiaan pada dirinya. Namun manusia sering kali merasa tidak puas dan lupa atas apa yang didapatkan selama hidupnya. Akibatnya banyak dari kita yang tidak bersyukur atas karunia Allah SWT.

Kebahagiaan pada diri kita juga menimbulkan rasa tenang pada jiwa dan hati. Seperti yang dirawayatkan dalam Al-Quran:

هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ السَّكِينَةَ فِي قُلُوبِ الْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوا إِيمَانًا مَعَ إِيمَانِهِمْ ۗ وَلِلَّهِ جُنُودُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

Artinya:

Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana (Q.S Al-Fath:4)

Dengan memiliki rasa syukur, seseorang akan merasakan kebahagiaan dan ditambahkan nikmat untuknya. Hal ini agar setiap umat Muslim dapat menyebarkan kebaikan sesama umat muslim dan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Sebagaimana yang disebutkan firman Allah SWT dalam Alquran:

لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya aku akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-ku), maka sesungguhnya azab-ku sangat pedih.” (Q.S Ibrahim:7)

Maka sebagai umat muslim, kita selalu senantiasa harus bersyukur atas apa yang didapat hari ini baik berupa rezeki, kesehatan hingga kenikmatan dalam hidup. Sebab semua itu merupakan pemberian dari Allah SWT.