Majalahayah.com, Jakarta – Jagat media sosial kembali riuh dengan sosok dr. Handoko Gunawan, 80, yang menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien virus Corona (Covid-19). Pada usianya yang tak lagi muda, ia masih berjuang mengobati pasien Covid-19 hingga dini hari.

Sepak terjang dr. Handoko Gunawan itu salah satunya seperti yang diceritakan salah satu warganet Noviana Kusumawardhani melalui akun Facebook yang dikutip Majalahayah, Noviana menceritakan dr. Handoko Gunawan adalah salah satu dokter yang menangani Covid-19. Ia merupakan ahli paru di Rumah Sakit Grha Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

“Saat ini beliau terus kerja sampai 3 pagi karena dokter muda banyak yg takut. Anak anaknya udah saranin jgn ikut terjun krn sudah tua tp katanya kalau dia mati jg gpp,” tulis Noviana diikuti emotikon menangis, Rabu (18/3/2020).

Menurut Noviana, media sebaiknya mulai memberitakan hal-hal inspiratif seperti yang dilakukan dr. Handoko Gunawan. Pengabdian dr. Handoko Gunawan dinilai luar biasa untuk kemanusiaan sehingga pantas menyandang predikat pahlawan Covid-19.

“Mestinya kita mulai start berita2 spt ini ya drpd nebarin ketakutan terus. Beliau adalah dokter Handoko Gunawan, dokter spesialis penyakit paru di RS Grha Kedoya. Alumni SMAK I. Pengabdiannya luar biasa utk kemanusiaan. #pahlawancovid19,” sambung Noviana.

Sempat Dikabarkan Sakit

Bekerja hingga dini hari mengobati pasien Covid-19 membuat sang dokter jatuh sakit. Kini, kondisinya berangsur-angsur membaik.

Kabar ini disampaikan oleh keluarga pasien dokter yang juga alumnus SMAK I, Cyrena Daisy Araina, 52. Mendiang ayah Cyrena adalah salah satu pasien yang sering berobat ke dr. Gunawan di RS Grha Kedoya.

“Sekarang kata dokter lain di RS Grha Kedoya, kondisi dr Handoko Gunawan sudah stabil di Rumah Sakit Persahabatan,” kata Cyrena, Rabu (18/3/2020).
Dukungan doa juga datang dari artis Kirana Larasati. Melalui akun Twitter-nya @_kiranalara, ia meminta doa warganet untuk kesembuhan dr. Handoko Gunawan.

“Mari kita doakan lebih kuat lagi,” sembari menambahkan emotikon menyerupai salam namaste dan tagar #dokterhandokogunawan.

Tagar itu pun sempat menjadi trending topic di Twitter.