Home Parenting Ini Peran yang Harus Dilakukan Ayah Ketika Bayi Baru Lahir

Ini Peran yang Harus Dilakukan Ayah Ketika Bayi Baru Lahir

63
Ilustrasi sikap ayah pengaruhi emosional bayi
Ilustrasi sikap ayah pengaruhi emosional bayi. sumber www.rd.com

Majalahayah.com, Jakarta – Memberikan ASI secara langsung atau biasa disebut dengan menyusui langsung merupakan sebuah kegiatan yang penting dilakukan oleh setiap ibu kepada buah hatinya. Ini penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Ketika proses menyusui antara ibu dan anak tengah berlangsung, peranan seorang ayah di sini bukannya tidak ada. Ada beberapa cara yang harus dilakukan seorang ayah agar proses menyusu seorang bayi  kepada ibunya berjalan sukses.

“Agar sukses dalam proses menyusui, ayah  diharapkan aktif dalam mengambil keputusan apapun. Setiap ayah harus selalu mempunyai sikap yang positif dan harus mempunyai pengetahuan yang luas tentang keuntungan menyusui dan menjadi pelopor untuk terus mendukung si ibu agar tetap memberikan ASI,” ungkap Konseler Laktasi, dr. Ameetha Drupadi, kepada AkuratHealth dalam media talk Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) di gedung KemenPPPA, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat, (9/8/2019).

Menurut dr. Ameetha, setiap ayah perlu ikut terlibat langsung untuk menumbuhkan ikatan batin dengan bayinya.

“Kelekatan ayah dengan bayi dapat ditingkatkan dengan cara ayah hadir pada proses persalinan dan kontak lebih dekat dengan bayi selama masa neonatal (setelah persalinan),” tambahnya.

Selain terlibat saat proses persalinan, proses sentuhan kulit juga perlu diberikan oleh ayah kepada bayinya.

“Skin to skin juga harus diberikan ayah kepada bayinya. Kalau skin to skin ibu dengan bayi  berlangsung pada saat menyusui. Kalau skin to skin  seorang ayah cukup dengan mengelus-ngelus mereka, memberikan pijatan kasihan sayang. Jadi rasa kasih sayang bisa dirasakan oleh si bayinya, dan ini penting karena skin to skin berefek pada tumbuh kembang bayi yang lebih positif,” pungkasnya.