Majalahayah.com, Jakarta – Seringnya penggunaan sepeda motor membuat pengendara harus ekstra dalam merawat mesin agar selalu prima. Merawat mesin motor merupakan hal yang patut diperhatikan. 

Salah satu cara merawat mesin yang paling lumrah yakni dengan mengganti oli yang tepat pada waktunya. Namun, sering kali pengguna tidak menghiraukan hal tersebut lantaran mesin masih terasa prima.

Nyatanya, mesin yang dianggap prima tersebut malah bisa membahayakan pengguna saat berkendara. Sebaiknya lakukan pergantian oli mesin pada kilometer yang sudah direkomendasikan oleh salah satu benkel Honda di Jakarta.

Menurut salah satu montir di bengkel motor Honda Jakarta, cara merawat mesin agar selalu prima dan mulus saat berkendara yakni mengganti rutin dalam mengganti oli. Setidaknya dalam satu bulan ada pergantian oli satu kali atau jika dikilometerkan sekitar 1000 Km – 1500 Km. Angka tersebut merupakan kilometer yang sesuai dan tepat untuk pergantian oli.

Adapun fungsi oli untuk mesin adalah untuk mengurangi gesekan pada komponen mesin motor. Oli pada motor juga berfungsi sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran. Selain itu, oli motor juga berfungsi sebagai alat pembersih kotoran hasil dari gesekan antar komponen mesin motor.