06 GP Italia, circuito de Mugello, 28 a 31 de mayo de 2015. MotoGP; mgp; motogp

Majalahayah.com, Jakarta – Wabah virus Corona yang membuat MotoGP waswas terhadap jadwal race yang akan dilalui untuk musim 2020 akhirnya menemui titik terang, jika berjalan sesuai ketentuan yang ditetapkan seharusnya musim ini berjalan selama 20 seri termasuk seri baru Kymi Ring, Finlandia.

Namun pembatalan Grand Prix Losail, Qatar maka musim ini sudah bisa dipastikan berjalan dengan 19 seri saja layaknya musim lalu. Dalam rilisan kalender MotoGP terbaru, Seri pembuka untuk kelas MotoGP telah ditetapkan disirkuit Austin, Amerika dan hingga 13 seri kedepan tidak ada perubahan apapun alias tetap sama seperti jadwal sebelumnya.

Kemudian perubahan pertama terjadi pada putaran ke-14 dimana Grand Prix Aragon maju satu pekan lebih awal, dari 4 Oktober menjadi 27 September. Sedangkan putaran ke-15 kini diisi Grand Prix Chang yang akan digelar 4 Oktober mengganti Grand Prix Aragon.

Kemudian seri ke-16 hingga seri ke-19 tidak ada perubahan.
Disisi lain CEO Dorna Motorsport, Carmelo Ezpeleta tetap bersikeras bahwa badan pengorganisasian MotoGP, Dorna, akan berupaya menyelesaikan musim 2020 dengan 19 seri, namun ia mengakui dengan perubahan situasi akibat Virus corona maka rencana tersebut harus tetapi disesuaikan.

Ezpeleta juga menegaskan jika MotoGP harus menyelesaikan minimal 13 race untuk dihitung sebagai full season kejuaraan dunia di bawah aturan FIM.

“Secara kontrak dengan FIM ada 13 balapan tetapi tujuan kami adalah melakukan 19 balapan yang tersisa, Ada kemungkinan atau kasus terburuk, bahkan dengan lebih banyak pembatalan Grand Prix, Mungkin kita masih memiliki banyak waktu dan akan menjalankan race di negara-negara panas saat hari Natal!.” ujar Ezpeleta via crash.net

“Aku berbicara dengan Presiden FIM untuk hari ini dan berbicara rencana yang akan datang, mungkin saja mereka perlu menunda Award FIM [yang dijadwalkan pada 21-22 November] tetapi yang paling penting bagi kami adalah menjalankan balapan sebaik mungkin.”

Untuk Sementara waktu jadwal MotoGP tahun 2020 masih akan tetap dijalankan, namun Ezpeleta mengakui jika ada resiko gangguan lebih lanjut dari wabah virus Corona dan larangan singgah dinegara tertentu seperti Qatar, maka jadwal masih bisa berubah sewaktu – waktu.

“Segalanya mungkin terjadi, yang paling penting bagi kami adalah memiliki solusi bersama. Kami selalu mengatakan bahwa Dorna, dalam perjanjian dengan IRTA dan FIM adalah perusahaan yang menciptakan balapan disetiap musimnya, ini adalah kewajiban kami meskipun ada gangguan hal-hal lain. Bagi kami itu lebih penting dari sisi ekonomis ataupun sebagainya. Sekarang Aku tidak akan mengatakan jika kami optimis mengenai masalah ini, tetapi satu-satunya hal yang kujanjikan adalah kami akan bekerja keras untuk menjalankan 19 Seri.”

“Tujuan kami sebagai FIM, IRTA dan Dorna adalah untuk mempertahankan kejuaraan dengan jumlah balapan yang maksimum.

Selebihnya kami akan mengambil langkah-langkah lain seperti di Sirkuit Internasional Losail mengenai kehadiran penonton, dan membatasi area paddock, sedangkan kami memiliki otoritas lokal, Organisasi Kesehatan Dunia yang terhubung untuk mencoba melakukan semua hal yang maksimal.” tutup Carmelo Ezpeleta.

Berikut jadwal lengkap update Motogp 2020 :

1. 8 Maret di Qatar (hanya memperlombakan kelas Moto2 dan Moto3.

2. 5 April di Amerika Serikat.

3. 19 April di Argentina.

4. 3 Mei di Jerez, Spanyol.

5. 17 Mei di Perancis.

6. 31 Mei di Italia.

7. 7 Juni di Catalunya, Spanyol.

8. 21 Juni di Jerman.

9. 28 Juni di Belanda.

10. 12 Juli di Finlandia.

11. 9 Agustus di Ceko.

12. 16 Agustus di Austria.

13. 30 Agustus di Inggris.

14. 13 September di San Marino.

15. 27 September di Aragon, Spanyol.

16. 4 Oktober di Thailand.

17. 18 Oktober di Jepang.

18. 25 Oktober di Australia

19. 1 November di Malaysia

20. 15 November di Valencia, Spanyol.